Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Diresmikan 24 September 2020, Stadion Dompak Diberi Nama Stadion Arung Birawa

Stadion Dompak, diresmikan 24 September 2020 dengan Nama Stadion Arung Birawa.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan meresmikan Stadion Pulau Dompak pada 24 September mendatang. Dalam peresmian tersebut nantinya juga akan diumumkan nama yang tepat untuk bangunan tersebut.

Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepri, Abdul Razak, menyampaikan pihak telah memutuskan nama Arung Birawa sebagai nama stadion sepak bola di Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang.

“Hasil kesepakatan LAM, dari tiga nama yang diusulkan kemarin, Biram Dewa, Arung Birawa, dan Sri Tri Buana. LAM memutuskan memilih Arung Birawa sebagai nama stadion itu,”katanya, Rabu (26/8/2020).

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kepri, Bambang Swastiyo, mengatakan, peresmian pengoperasian Stadion Dompak akan digelar bersamaan dengan hari jadi Provinsi Kepri ke-18.

Bahkan, untuk meresmikan stadion tersebut pihaknya sudah menyurati Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali untuk turut hadir pada kegiatan tersebut.

Bambang mengatakan, proyek Stadion Pulau Dompak merupakan prpyek strategis yang dirancang diera almarhum HM.Sani sewaktu menjadi Gubernur Kepri. Selanjutnya, pembangunan dilaksankan pada era Gubernur Nurdin Basirun dan selesai pada kepemimpinan Isadianto sebagai gubernur Kepri.

Proyek pembamgunan Stadion Dompak, dilaksanakan selama 2 tahun anggaran, Pertama, pada 2018 dengan anggaran sebesar Rp16 miliar yang meliputi pekerjaan penataan lokasi dan kegiatan pembangunan lapangan. Kemudian pada 2019 sebesar Rp.26 miliar untuk pembangunan tribun sisi barat.

Menurut Bambang, tujuan perencanaan bangunan stadion dompak dirancang untuk jangka panjang dan didesain agar pembamgunannya masih bisa ditingkatkan kedepannya.

“Pembangunan Stadion dilakukan menyesuaikan kemampuan anggaran daerah,”katanya.

Bangunan tribun sisi barat dibangun dengan tiga lantai, dimana salah satu lantai diperuntukan sebagai kantor Dispora Kepri.

Dengan diresmikanya Stadion itu, Bambang berharap, Stadion nantinya dapat menjadi saran olahraga sepakbola yang berstandar internasional. Terlebih, Kepri merupakan daerah perbatasan yang bersentuhan langsung dengan negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

“Meskipun pembangunan Stadion Dompak dirancang bertahap. Kita tetap mengejar untuk menjadikan Stadion Dompak berstandar Internasional,”tutupnya.

Penulis : Ismail

Comments
Loading...