Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

BP Jamsostek Tanjungpinang Sudah Vailidasi 48 Ribu Rekening Tenaga Kerja Penerima BSU di Kepri

BPJS Ketenaga Kerjaan (Photo:cermati.com)

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenakerjaan (BP Jamsostek) cabang Tanjungpinang telah memvalidasi 48 ribu rekening tenaga kerja penerima Bantuan Subsisi Upah (BSU) di lima kabupaten/kota se-Kepri.

Jumlah itu, berdasarkan data jumlah Tenaga Kerja yang aktif membayar BPJS Tewnaga kerja pada data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenakerjaan (BP Jamsostek) cabang Tanjungpinang per 26 Agustus 2020.

Sekretaris BP Jamsostek cabang Tanjungpinang Giardi Utama mengatakan, hingga saat ini sudah 48.605 nomor rekening peserta yang divailidasi. Sisanya juga masih terus divalidasi hingga 30 Agustus mendatang.

Sesuai dengan data BP Jamsostek jumlah tenaga kerja yang aktif dengan upah dibawah Rp 5 juta di Kota Tanjungpinang, Bintan, Natuna, Anambas dan Lingga sebanyak 55.225 orang.

“Batas waktu pemutakhiran nomor rekening diperpanjang yang awalnya tanggal sampai 15 Agustus kini hingga akhir bulan,”ucapnya, Kamis (27/8/2020).

Oleh karena itu Giardi mengimbau, agar seluruh perusahaan di wilayah kerja BP Jamsostek cabang Tanjungpinang yang belum mendata nomor rekening karyawannya, agar segera mempercepat proses tersebut.

Selain itu, lanjutnya pemerintah pusat telah menyalurkan BSU kepada 2,5 juta pekerja pada hari ini. Penyaluran akan dilakukan bertahap hingga seluruh rekening pekerja yang telah tervalidasi bisa menerima haknya.

“Untuk sistem penyaluran menjadi kewenangan Kemenaker. Bagi yang rekeningnya sudah tervalidasi tinggal menunggu saja,”tuturnya

Sementara itu, Kepala BP Jamsostek cabang Tanjungpinang, Tri Sudarmadi, mengutarakan syarat penerima upah yang memperoleh BSU sebesar Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan (September- Desember) adalah para peserta aktif Jamsostek yang sudah membayar kepesertaannya pada Juni 2020.

“Teknis pencairan langsung ke rekening bank pemerintah penerima dan dicairkan 2 kali. artinya, satu kali pencairan penerima memperoleh BSU sebesar Rp 1,2 juta,”ujarnya.

Penulis:Ismail

Comments
Loading...