Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Pemprov Kepri Usul Pelaksanaan Iven MotoGP dan Konser Musik Internasional ke Pusat

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepri Buralimar.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau meminta Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membuat iven besar berskala internasional di wilayah Provinsi Kepri.

Hal tersebut bertujuan untuk membangkitkan kembali gairah pariwisata di Kepri ditengah masa pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepri Buralimar mengatakan, pihaknya telah mengajukan usulan tersebut kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio beberapa waktu lalu.

Usulan tersebut berupa lomba balap motor serupa motoGP, serta konser musik dengan menghadirkan band atau artis dari luar negeri.

“Usulan sudah disampaikan, tapi belum direspon. Harapan kami disetujui, apalagi Pak Menteri Wishnutama sangat tertarik dengan Lagoi,”katanya, Kamis (27/8).

Menurutnya, gelaran iven internasional ini sangat dibutuhkan sebagai penanda agar wisatawan mancanegara (wisman) mengetahui pariwisata di Provinsi Kepri masih eksis meski di tengah pandemi COVID-19.

“Maka itu, kami berharap minimal ada satu iven wisata internasional di daerah Kepri, khususnya Lagoi, yang dibiayai Pemerintah Pusat pada penghujung tahun ini,” imbuhnya.

Selama Kepri dilanda pandemi COVID-19, kata Buralimar, seluruh iven pariwisata baik skala nasional dan internasional dibatalkan. Bahkan, anggarannya juga turut direfocusing untuk percepatan dan penanganan COVID-19.

Kondisi tersebut semakin diperparah dengan terbitnya Permenkumham Nomor 11 Tahun 2020 tentang larangan orang asing masuk maupun transit ke negara Indonesia akibat COVID-19.

“Makanya, kita juga mengusulkan ke Menkum HAM, Yasonna Laoly, agar merevisi peraturan tersebut, namun sampai sejauh ini belum juga mendapat tanggapan,” ungkapnya.

Jika usulan pelaksanaan iven dan revisi Permenkum itu disambut baik, Buralimar meyakini gairah pariwisata di Kepri akan kembali bangkit. Terlebih, secara sarana dan prasarana, kawasan wisata Lagoi sudah sangat siap menerima kunjungan wisman di era new normal.

“Ini sifatnya memancing negara tetangga membuka pintu keluar warga negaranya ke Indonesia, khususnya ke Provinsi Kepri yang secara geografis berbatasan langsung,”tuturnya.

“Kami sudah menyiapkan protokol kesehatan yang ketat demi wisman aman dan nyaman saat berkunjung ke sini,”tutup Buralimar.

Penulis : Ismail

Comments
Loading...