Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Tembus 1.024 Kasus, Positif COVID-19 di Kepri Semakin Membahayakan

Juru Bicara Percepatan penanganan Covid-19 Kepri Tjejep Yudiana.

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Kasus positif COVID-19 di Kepri terus bertambah dan semakin membahayakan, Bahkan saat ini jumlah positif COVID-19 di kabupaten/kota sudah mencapai 1.024 kasus.  

Juru Bicara Percepatan dan Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau, Tjetjep Yudiana, mengatakan kasus COVID-19 di wilayah Kepri sudah masuk kategori membahayakan. Hal tersebut disebabkan, banyak ditemukan kasus baru yang muncul, Namun tidak bisa dilacak asalnya atau klaster telusurnya.

“Sudah sangat membahayakan, karena sudah sporadis, dimana kasus baru muncul dari titik yang tidak tahu dimana asalnya,”katanya saat ditemui di Kantor Gubernur Kepri, Pulau Dompak, Senin (31/8/2020).

Ia mengemukakan, berdasarkan data yang masuk jumlah kasus konfirmasi positif COVID-19 di Kepri sudah berjumlah 1.024 kasus. Dari jumlah tersebut, sekitar 398 kasus merupakan kasus aktif baik yang dirawat dan dikarantina mandiri.

“Yang dikhawatirkan sudah terjadi. Selama ini kita bisa mendeteksi, Namun sekarang sudah muncul kasus yang tidak tahu asalnya darimana,”ungkapnya.

Menurut Tjetjep, satu-satunya upaya untuk menekan penularan kasus COVID-19 ini adalah dengan memperketat penerapan protokol kesehatan dalam beraktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, dirinya mengajak seluruh masyarakat agar senantiasa menerapkan pola hidup baru dengan protokol kesehatan saat masa pandemi COVID-19.

“Kami tak henti-hentinya mengimbau penerapan protokol kesehatan ini, karena dengan begitu kita bisa menekan penyebarannya,”tukasnya.

Sebelumnya, Gubernur Kepulauan Riau, Isdianto, menyatakan keprihatinannnya mengenai kasus terkonfirmasi COVID-19 di Kepri yang terus meningkat.

Bahkan, ia mengaku berdasarkan laporan yang diterimanya dari Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Provinsi Kepri jumlah kasus terkonfirmasi sudah tembus sekitar seribu kasus pada Senin (31/8/2020).

“Laporan yang saya terima hari sudah tembus seribu kasus,” ungkapnya di hadapan para ASN dan tenaga honorer dalam sambutan pada pelaksanaan apel senin pagi di halaman Kantor Gubernur, Pulau Dompak.

Oleh karena itu, ia mengajak para ASN dan tenaga honorer di lingkungan Pemprov Kepri senantiasa menerapkan protokol kesehatan di setiap melakukan aktivitas.

Selain itu, Isdianto meminta peran serta para ASN juga membantu menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat.

“Karena, kalau kita bersama-sama melakukannya Insya Allah kasus konfirmasi COVID akan terus berkurang, dan dapat mencegah penularan virus tersebut,”ucap Isdianto.

Penulis : Ismail

Comments
Loading...