Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Bhayangkara 74

Tim Jaksa Ringkus Buron Terpidana Korupsi Lingga di Batam

Tim Kejaksan negeri Tanjungpinang saat meringkus Bertha Romius Yasin alias Romy, buron terpidana kasus korupsi pembangunan dermaga desa Bakong Lingga di Batam.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Tim Intelijen Kejaksaan Agung RI bersama Tim Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Tanjungpinang meringkus, Bertha Romius Yasin alias Romy terpidana kasus korupsi pembangunan dermaga desa Bakong Kecamatan Singkep Barat Kabupaten Lingga 2008 yang bruron selama 10 Tahun.

Terpidana korupsi tersebut ditangkap di Perumahan Bukit Raya Kota Batam, Minggu (30/8/2020).

Kepala seksi Pidana khusus Kejaksaan Negeri Tanjungpinang Aditya Rakatama mengatakan, Penangkapan terhadap terpidana Bertha Romius Yasin alias Romy dilakukan tim intelijen Kejaksaan Agung bekerjasama dengan tim Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Tanjungpinang.

Terpidana merupakan pelaku tindak pidana korupsi pembangunan dermaga Desa Bakong Kecamatan Singkep Barat Kabupaten Lingga Tahun 2008 yang merugikan keuangan negara sebesar Rp.2.222.443.109.

“Yang bersangkutan kita amankan di Perumahan Bukit Baya Kota Batam untuk diekseskui atas putusan Pengadilan Negeri Tanjungpinang nomor 290/Pid.B/2010/PN/TPI tanggal 11 Januari 2011,”ungkap Rakatama.

Rakatama menjelaskan bahwa terpidana adalah seorang pengusaha yang meminjam bendera PT.Bandar Dunia Madani dengan direkturnya Zulkadri Darja untuk melaksanakan kegiatan pembangunan dermaga tersebut. Bahwa perkara ini adalah splitzing dari terpidana lain yg sudah dieksekusi terlebih dahulu.

Sebelumnya, lanjut Rakatama terpidana sejak awal persidangan tidak pernah hadir karena melarikan diri sehingga persidangan dilakukan secara in absentia, sampai dengan pembacaan putusan.

“Pengadilan menjatuhkan hukuman penjara selama 3 tahun dan 6 bulan. Selain itu juga menghukum untuk mengganti uang pengganti atas kerugian negara sebesar
Rp.634.370.478 dan denda Rp.50 juta,”pungkasnya.

Atas penangkapan itu saat ini terpidana Bertha Romius Yasin alias Romy telah dijebloskan ke Penjara.

Penulis:Roland 

Comments
Loading...