Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Sebanyak 1.800 Pencaker Lokal Ikut Lamar Lowongan Kerja di PT.BAI

Pelamar kerja di PT.BAI saat melakukan verifikasi administrasi di PT.BAI

PRESMEDIA.ID, Bintan- Sebanyak 1.800 orang pencari kerja (Pencaker) ikut melamar lowongan Kerja di PT.Bintan Alumina Indonesia (BAI) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang.

Kepala dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Bintan Indra Hidayat mengatakan, saat ini ada 900 lowongan yang dibutuhkan PT.BAI Rekrutan tenaga kerja merupakan kewenangan dari pihak PT BAI yang disesuaikan dengan kebutuhan lapangan.

“Hingga saat ini ada 1.800 pelamar yang mengajukan ke Disnaker Bintan dan hari ini mulai diproses oleh pihak PT BAI. Ini bagaimana tindaklanjut dari komitmen MoU perekrutan tenaga kerja lokal antara PT BAI dengan Pemkab Bintan yang nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan,”ujarnya.

Indra mengatakan, seleksi interview bagi 1.800 pelamar kerja dilakukan secara bertahap dimana tekhnis interview dibagi atas dua shift yaitu jam 9.00 pagi dan jam 1 siang. Selain itu, interview juga dilakukan selama 30 hari dengan rata-rata 50 orang per harinya.

“Prosesnya tetap menerapkan protokol kesehatan, artinya seleksi wajib menggunakan masker. Selain itu juga akan dilakukan proses seleksi selama 30 hari dimana 1 hari akan ada 2 shift, 1 shift nya berjumlah 25 sd 28 orang. Hari ini ada 56 calon tenaga kerja yang dipanggil, namun 11 calon tenaga kerja diantaranya absen,” jelasnya.

Beberapa waktu yang lalu, Bupati Bintan Apri Sujadi mengungkapkan bahwa komitmen terhadap kebutuhan tenaga kerja di Bintan saat ini memang harus diimbangi dengan pelatihan-pelatihan.

Dirinya memang secara khusus meminta agar Disnaker Bintan untuk bisa menyiapkan pelatihan-pelatihan yang nantinya bisa disalurkan untuk kebutuhan bagi perusahaan di Bintan.

“Kedepannya tentu kita berharap agar SDM Bintan dapat lebih maju lagi, dengan pelatihan-pelatihan yang berkualitas yang dibutuhkan perusahaan serta ditambah dengan MoU dengan perusahaan di Bintan, sehingga seluruhnya akan bisa melengkapi,” ucapnya.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...