Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Kasus COVID-19 Meningkat, Pemko Tanjungpinang Siapkan Sanksi Pelanggar Protokoler Kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang Rustam.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang-Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang menyatakan akan memberi sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang Rustam, mengatakan pemberian sanksi tersebut sebagai langkah pemerintah mendisiplinkan warganya dalam melawan COVID-19 di Kota Gurindam.

“Pemko saat ini sudah menyiapkan peraturan Wali Kota, drafnya sudah final, tinggal di tandatangani saja oleh Plt Walikota,” kata Rustam, Rabu(2/9/2020).

Menurutnya Perwako ini mengacu pada Intruksi Presiden (Inpres) nomor 6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Rustam mencontohkan sanksi kerja sosial berupa nyapu sampah hingga disuruh melakukan push-up.

“Untuk denda perorangan paling tinggi Rp 100 ribu dan badan usaha Rp 300 ribu,” ucapnya.

Rustam menyampaikan setelah ditandatangani Wali Kota, Perwako tersebut tidak serta merta langsung akan diterapkan, karena harus mengikuti proses seperti sosialisasi, uji coba dan penerapan.

“Kita tidak mau dendanya, tetapi bagaimana masyarakat semakin sadar dan disiplin mengikuti protokol kesehatan,”pungkasnya.

Penulis:Roland

Comments
Loading...