Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

RSBP Batam Jadi Lokasi Medical Check Up Kandidat Pilgub Kepri 2020

Anggota Komisioner KPU Kepri Priyo Handoko.

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam ditunjuk sebagai lokasi pemeriksaan kesehatan bagi pasangan kandidat calon peserta Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kepri 2020.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri, Priyo Handoko, menyampaikan pemilihan RSBP Batam sebagai sarana untuk proses pemeriksaan kesehatan merupakan hasil rekomendasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bersama Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi).

Dijelaskannya, pemilihan RSBP Batam sebagai tempat medical check up sepenuhnya otoritas IDI. Pertimbangannya, ketersediaan tenaga medis yang memenuhi syarat, perlengkapan atau peralatan kedokteran yang mumpuni, dan kelayakan ruangan untuk pemeriksaan.

“Apalagi dimasa pandemi COVID-19 tentu IDI sangat selektif dalam membuat pilihan. Karena hanya ada dua lokasi yang bisa dijadikan sarana, yakni RSUD RAT dan RSBP Batam. Karena rumah sakit pemerintah di Kepri belum ada yang bertipe A,” jelas Priyo.

Mengenai jadwal tes kesehatan, lanjut Priyo, KPU masih mempertimbangkan waktu yang tepat. Yang pasti pemeriksaan kesehatan dilakukan pada masa verifikasi berkas pencalonan oleh KPU.

Kendati demikian, pihak KPU berharap masing-masing kandidat untuk menjaga kondisi kesehatannya.

“Usulan dari IDI tanggal 7 September, tapi belum final, maka dari itu kita tunggu dulu keputusan finalnya,” ucapnya.

Sementara itu, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Arison, menerangkan tahapan pemeriksaan kesehatan akan dilaksanakan setelah penutupan pendaftaran. Prosesnya akan bersamaan dengan tahapan verifikasi berkas.

Jika, hasil pemeriksaan kesehatan nanti ada kandidat yang kondisi kesehatannya tidak memenuhi kualifikasi. Maka, pihak KPU akan memberikan kesempatan parpol pengusung untuk menggantikan calonnya.

“Kalau hasilnya tidak memenuhi kualifikasi kami beri kesempatan parpol pengusung mengganti calonnya,” tutupnya.

Penulis : Ismail

Comments
Loading...