Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Satgas Covid-19 Serahkan ke Pemda Penerapan Ulang PSBB

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito.

PRESMEDIA.ID,Jakarta- Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyatakan, penerapan ulang Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) sepenuhnya diserahkan ke masing-masing Pemerintah Daerah (Pemda) untuk memutuskan apakah daerahnya akan menerapkan PSBB ketat seperti April sebelumnya atau tidak. Hal itu disampaikan Wiku dalam konferensi pers lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (3/9/2020).

Wiku juga menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah adalah yang memegang kendali terhadap situasi yang ada di daerah masing-masing. Kendati demikian, Wiku mengingatkan para kepala daerah untuk mempertimbangkan secara matang jika hendak membuka sektor yang memiliki risiko tinggi penularan Covid-19. Ia juga meminta agar sektor dengan tingkat penularan rendah yang dibuka.

Wiku pun meminta para kepala daerah melakukan prakondisi terlebih dahulu sebelum membuka sektor ekonomi dan hiburan. Dengan demikian kepala daerah dapat melihat kemungkinan sektor tersebut beroperasi dengan penerapan protokol kesehatan.

“Apabila timbul masalah di depan seperti yang sekarang terjadi di beberapa tempat, harus segera Pemda melakukan pengetatan kembali agar kasusnya terkendali,” tutur Wiku.

Wiku menjelaskan, pengetatan bisa saja sampai dengan penutupan aktivitas sosial ekonomi yang dianggap menurut data, berkontribusi terhadap peningkatan kasus di wilayah tersebut.

“Kami mohon agar Pemda disiplin, karena kalau tidak demikian maka kasusnya menjadi tidak terkendali,”tutupnya.

Penulis:Redaksi

Comments
Loading...