Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Ratusan TKA Pekerja PT.BAI dari Tiongkok Cina Kembali Tiba di Tanjungpinang

Sejumlah TKA Asal China saat tiba di Bandara RHF Tanjungpinang dan dijemput pihak perusahaan mengunakan mobil pribadi.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Sebanyak 150 orang Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Thiongkok, Cina, yang akan berkerja di PT.Bintan Aluminia Indonesia (BAI) kembali tiba di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, pukul 14.00 WIB, Sabtu (5/9/2020).

Kepala Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tanjungpinang, Agus Jamaluddin mengatakan, sebanyak 150 TKA didatangkan langsung dari Cina dengan pesawat carter dan akan berkerja di PT BAI Kabupaten Bintan.

“Namun secara pasti berapa jumlahnya kita tunggu kedatangannya,”kata Agus kepada sejumlah awak media.

Ia menjelaskan, kedatangan ratusan TKA ini tentunya, tetap mengutamakan protokol kesehatan seperti kelengkapan dengan surat kesehatan, surat tes COVID-19 dengan PCR dengan hasil negatif.

“Kami tetap melakukan pengecekan kesehatan dengan pengukuran suhu tubuh dan epidemiologi ulang,”ucapnya.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan swab ulang kemudian dikirim ke Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid- 19 di Pulau Galang Batang.

“Sebelum kerja, seluruh TKA ini sebagai tenaga ahli, juga akan di Karantina di wisma PT.BAI,”pungkasnya.

Lima Pekerja Dikirim dari Jakarta

Selain 150 TKA China yang langsung datang dari Tiongkok, sebanyak 5 Warga China yang mengaku sebagai Tenaga Kerja Asing (TKA) dan mau bekerja di PT.BAI juga datang dari dari Jakarta menggunakan pesawat Garuda di Bandara RHF Tanjungpinang, pukul 12.45 WIB, Sabtu(5/9/2020).

Pantauan di Bandara RHF Tanjungpinang kelima orang TKA ini begitu tiba di bandara RHF, mereka menunggu penjemput dari perusahaan PT.BAI.

Setelah tiba di Bandra RHF, ke lima TKA itu terluhat sempat kebingungan dan bertanya ke sejumlah warga.

Erika salah seorang penunpang Garuda dari Jakarta mengatakan, sebnyak 5 TKA China itu naik pesawat dari Bandara Soekrano Hatta Cengkareng Jakarta.

“Tadi satu pesawat Garuda sama saya 5 orang. Tadi ditanyak sama petugas kesehatan dengan menggunakan bahasa Inggris tetapi mereka tak mengerti,”kata Erika salah satu penumpang pesawat Garuda.

Erika menyampaikan salah seorang TKA bertanya kepada nya, dengan menggunakan bahasa Mandarin mereka kesini mau berkerja di PT.BAI.

“Saya sedikit-sedikit mengerti bahasa Mandarin, katanya mereka mau berkerja disini, ketika turun ke bawah merekaa meminta wif,”ucapnya.

Namun tidak berapa lama sekitar 30 menit TKA ini menunggu, satu unit mobil Kijang Inovasi B 1325 BKS datang menjemput mereka.

Penulis:Roland

Comments
Loading...