Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Isdianto Targetkan Awal Desember Perbaikan Jembatan II Dompak Rampung

Gubernur Kepri Isadianto menargetkan Jembatan II Dompak siap diperbaiki dan dapat digunakan awal Desember 2020.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang-Gubernur Kepulauan Riau, Isdianto, meminta kontraktor pelaksana pembangunan jembatan bekerja dengan cepat menyelesaikan proyek perbaikan Jembatan II Dompak.

Ia bahkan menargetkan pada awal Desember 2020 mendatang, jembatan tersebut sudah bisa beroperasi.

“Saya targetkan kepada Dinas PU (Pekerjaan Umum) dan kontraktor pelaksana agar awal Desember sudah bisa digunakan,”tegasnya saat meninjau proses pengerjaan Jembatan II Dompak, Jumat (4/9/2020) kemarin.

Selain itu, ia juga memerintahkan Dinas PUPRP Kepri agar secara rutin mengalokasikan anggaran perawatan seluruh jembatan yang dibangun Pemprov Kepri. Agar kejadian sama seperti Jembatan II Dompak yang sebagian tiangnya keropos tidak terulang lagi.

“Kita akui memang kemarin kita lalai, maka mulai tahun depan saya sudah koordinasi dengan Kepala Dinas PU agar biaya perawatan dianggarkan setiap tahun,” ungkap Isdianto.

Sementara itu, Kabid Bina Marga Dinas PUPRP Kepri, Rodiantari, menjelaskan hingga kini progres pengerjaan perbaikan Jembatan II Dompak sudah 40 persen. Jumlah tiang yang sudah diperbaiki sebanyak 37 batang dari total yang akan diperbaiki tahun ini sebanyak 68 batang.

“Kita sudah menyelesaikan perbaikan tiang dari sisi Pulau Dompak 33 batang, dan sudah mulai mengerjakan dari sisi seberangnya 4 batang,” jelasnya.

Ia menargetkan, dalam waktu 2 minggu ini sudah akan menyelesaikan perbaikan seluruh tiang. Sehingga, pekerjaan dilanjutkan dengan memperkokoh tiang dan melapisinya dengan anoda. Fungsinya, agar tiang jembatan aman dari korosi air laut.

Selain itu, Rodi, juga optimis pekerjaan tersebut selesai sebelum habis masa kontrak pada Desember mendatang. Jika, sudah selesai maka pihaknya akan segera uji coba Jembatan II Dompak dengan membuka aksesnya kepada kendaraan paling berat 3 ton.

“Target kita awal Desember Jembatan II Dompak sudah bisa dilewati kendaraan maksimal 3 ton,” kata Rodi.

Sebagaimana diketahui, Pemprov Kepri mengalokasikan anggaran Rp 8,7 miliar untuk perbaikan Jembatan II Dompak tahap pertama untuk memperbaiki 68 tiang dari total 156 tiang. Sesuai dengan kontraknya proses pekerjaan dilaksanakan selama 240 hari atau hingga Desember mendatang.

Penulis:Ismail

Comments
Loading...