Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Daftar ke KPU, Apri-Roby Tetap Sertakan Berkas Dukungan PAN

Daftar ke KPU, Apri-Roby Tetap Sertakan Berkas Dukungan PAN.

PRESMEDIA.ID,Bintan-Pasangan calon Pilkada Bintan Apri Sujadi-Roby Kurniawan bersama pengurus 6 partai politik pendukung secara resmi mendaftar ke KPU Bintan di Jalan Tata Bumi, Ceruk Ijuk, Kecamatan Toapaya, Sabtu (5/9/2020).

Kedatangan Paslon Apri-Roby untuk menyerahkan berkas sekaligus mendaftar sebagai calon peserta Pilkada Bintan 9 Desember 2020, diterima langsung oleh Ketua KPU Bintan, Ervina Sari beserta Komisioner KPU Bintan lainnya.

Berkas yang diserahkan adalah pendaftaran serta persyaratan lainnya termasuk berkas parpol pendukung antara lain Demokrat, Golkar, PKS, PDI, Hanura dan PAN.

Setelah berkas diterima, KPU langsung melakukan verifikasi. Namun lembaga penyelenggara pilkada ini belum bisa menyatakan berkas Paslon Apri-Roby ini sah atau lengkap, sebab ada berkas dukungan dari salah satu partai pendukung yang dilampirkan masih diragukan keabsahannya, yaitu berkas dukungan dari PAN.

Sebab beredar kabar ada data ganda terkait surat dukungan dari PAN. Diantaranya PAN mencabut dukungan dari Paslon Apri-Roby. PAN mendukung Paslon Alias Welo-Dalmasri Syam (Awe-Dalmasri) dan PAN kembali mendukung Apri-Roby.

Komisioner KPU Bintan Divisi Perencanaan dan Data, Haris Daulay mengatakan KPU membuka pendaftaran pukul 10.00 WIB. Berselang beberapa waktu Paslon Apri-Roby datang untuk mendaftarkan diri.

“Ada dua persayaratan yang kita cek. Yaitu syarat pencalonan dan syarat calon,”katanya.

Ketika berkas Paslon Apri-Roby diterima, KPU Bintan langsung melakukan pengecekan berkas pencalonan yang harus lengkap dan memenuhi syarat keabsahannya.

Dari berkas yang dicek termasuk parpol pendukung hanya 5 yang memenuhi syarat. Sedangkan satu parpol lagi yaitu PAN berkasnya hanya berbentuk softcopy.

Sesuai petunjuk teknis (juknis) 394 bahasanya sudah jelas bahwa berkas dukungan politik 1.KWK harus bertandatangan dan bercap basah (asli).

“Jadi kita jelaskan kepada Paslon Apri-Roby, apakah kita terima hanya dengan 5 parpol saja. Namun mereka bilang ada aslinya dan meminta KPU menunggu karena berkas sedang dalam perjalanan,”jelasnya.

Beberapa jam menunggu, sekitar pukul 16.00 WIB berkas PAN yang asli tiba di Kantor KPU. Lalu dilakukan pengecekkan dan sekitar pukul 17.30 WIB berkas parpol PAN pendukung Paslon Apri-Roby dinyatakan asli dan sah oleh KPU Bintan.

“Kini berkas PAN yang asli sudah ditangan kita.Jadi berkas Paslon Apri-Roby dinyatakan lengkap dan sah,” sebutnya.

Apri Sujadi mengatakan terkait masalah dukungan yang diberikan PAN Bintan kepada dirinya merupakan ranah partai. Sehingga dia tidak berani menyatakan apapun.

“Dukungan partai itu menjadi cermin dari permintaan masyarakat. Namanya pesta demokrasi itu ada proses, sekarang prosesnya adalah pendaftaran ini,”katanya.

Apri berharap pesta demokrasi yang digelar pada saat pandemi covid-19 ini tetap berjalan aman dan lancar.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...