Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Bhayangkara 74

Simpan Sabu di Sandal, TKI Deportasi Asal Malaysia Dihukum 9 Tahun

Bawa Sabu saat Dideportasi Tenaga Kerja dari Malaysia Terdakwa Safriadi dihukum 9 tahun penjara.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang-Bawa Narkoba sabu seberat 498,79 gram saat dideportasi dari Malsyia, seorang Tenaga Kerja deportasi terdakwa Safriadi dihukum 9 tahun penjara denda Rp 1 Miliar, subsider 2 bulan kurungan.

Putusan dibacakan Ketua Majelis Hakim Bungaran Pakpahan didampingi Majelis Hakim anggota, Risbarita Simarangkir dan Novarina Manurung di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Senin (7/9/2020).

Dalam putusanya pada sidang yang dilaksanakan secara Virtual Hakim Pengadilan mengatakan, terdakwa terbukti bersalah tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan Narkotika Golongan I bukan tanaman yang beratnya lebihi 5 gram, sebagaimana mana dakwaan pasal 112 Ayat 2 UU RI No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

“Menjatuhkan hukuman kepada terdakwa dengan hukuman 9 tahun penjara denda Rp 1 miliar, subsider 2 bulan kurungan penjara,”ujar Bungaran.

Baca Juga

Selain itu, barang bukti enam paket sabu-sabu yang dibungkus didalam sendal seberat 498,79 gram dimusnahkan. Sementara uang senilai Rp400 ribu dan 5 ringgit Malaysia di rampas untuk negara.

Atas putusan itu, terdakwa yang didampingi oleh Penasehat Hukumnya, A Nur menyatakan menerima.
Sedangkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yanmg sebelumnya menuntut terdawka 11 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 4 bulan kurungan penjara menyatakan pikor-pikir.

Sebelumnya, terdakwa Safriadi yang merupakan TKI deportasi dari Malaysia diamankan Bea dan Cukai (BC) di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, karena membawa narkoba sabu dari Malaysia pada Sabtu(4/4/2020) pukul 15.00 WIB.

Safriadi yang dideportasi menggunakan MV.Marina diamankan petugas BC, pelabuhan atas kecurigaan pada barang bawaan terdakwa ketika di dimasukkan kedalam Mesin pemindai X-Ray.

Saat itu, petugas Bea dan Cukai melihat barang yang mencurigakan dari dalam sendal warna cokelat milik terdakwa, hingga dilakukan pemeriksaan.

Ketika diperiksa, petugas menemukan barang-bukti 6 paket narkotika jenis sabu dengan berat
498,79 gram yang dibungkus dengan plastik transparan, dari dalam telapak sendal warna cokelat milik terdakwa.

Penulis:Roland 

Comments
Loading...