Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Paslon Isdianto dan Ansar Ahmad Tidak Sertakan Hasil Uji Swab Bebas COVID-19 Saat Mendaftar ke KPU

Sursat keterangan kesehatan Uji Swab Paslon Imam Sutiawan.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Datang ke KPU bawa massa dan pendukung untuk mendaftar, ternyata bakal pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur Isdianto-Suryani serta Ansar Ahmad-Marlin Agustina tidak menyertakan hasil Uji Swab PCR bebas COVID-19 saat mendaftar ke KPU Kepri.

Sementara sesuai dengan revisi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 tahun 2020 tentang tahapan Pilkada ditengah Pandemi COVID-19, Pasangan bakal calon Gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati atau Wali kota dan wakil wali Kota yang akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) wajib menyertakan hasil tes swab.

Dari data persyaratan pasangan calon yang diterima dan diumumkan KPU Kepri melalui situs web kepri.kpu.go.id 05 September 2020, hanya sejumlah peryaratan pencalonan pasangan calon yang disertakan Ansar Ahmad dan Marlin Agustina, demikian juga pasangan calon Isdianto-Suryani.

Dalam pengumuman itu, KPU juga menampilkan sejumlah dokumen persyaratan pasangan calon serta dokumen perorangan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kepualuan Riau yang mendafar.

KPU Kepri menyatakan, sehubungan dengan pendaftaran bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau Tahun 2020, KPU Provinsi Kepulauan Riau menerima masukan dan tanggapan masyarakat terkait dokumen syarat pencalonan dan syarat calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau mulai tanggal 4 s.d 8 September 2020.

Masukan dan tanggapan masyarakat dapat disampaikan ke kantor KPU Provinsi Kepulauan Riau,Jl.Basuki Rahmat no 28-30, Bukit Bestari Kota Tanjungpinang atau dikirimkan melalui e-mail:keprikpuprov@gmail.com

Namun dari seluruh dokumen administrasi yang dilampirkan masing-masing pasangan calon dan diumumkan KPU, hanya pasabgan calon Soeryo Respationo-Imam Sutiawan yang melampirkan surat keterangan kesehatan dan hasil uji Swab bebas COVID-19 dari RSBP Batam.

Sementara surat keterangan kesehatan dan hasil Uji Swab PCR bebas COVID-19 pasangan calon Ansar Ahmad-Marlin Agustina serta Isdianto-Suryani tidak terlihat dilampirkan.

Komisioner Bawaslu Kepri Indrawan yang dikonfrimasi PRESMEDIA.ID terkait dengan tidak adanya surat keterangan hasil uji Swab PCR COVID-19 pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Kepri itu saat mendaftar, mengatakan, jika sebelumnya KPU menyampaikan secara lisan ke Bawaslu bahwa uji swab PCR COVID-19 masing-masing pasangan calon sudah ada.

“KPU menyatakan sudah ada kepada kami. Tapi mengenai bukti administrasiunya berupa surat keterangan uji Swab dari RS atau BTLKP mana sampai saat ini kami juga tidak ditunjukan,”ujarnya.

Ketua KPU Kepri Sri Wati yang dikonfrimasi dengan hasil Uji Swab pasangan calon saat mendaftar ke KPU ini, belum memberikan jawaban. Ketika dikonfrimasi, Sri Wati mengaku masih melakukan Verifikasi dan akan memberi tanggapan kemudian.

Penulis:Redaksi

Comments
Loading...