Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

8 Warga Lobam dan Binut Positif COVID-19, Jumlah COVID Bintan Jadi 81 Kasus 

Kepala dinas Kesehatan Bintan dr.Gamma AF Isnaeni

PRESMEDIA.ID,Bintan- Kasus positif COVID-19 di Bintan kembali bertambah 8 kasus, Kamis (10/9/2020). Mereka adalah pasien kasus nomor 74 sampai nomor 81, yang merupakan warga Lobam Kecamatan Sri Kuala Lobam (SKL) dan kecamatan Bintan Utara.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan, dr Gama AF Isnaeni mengatakan ke 8 kasus baru piositif COVID-19 itu, terdiri dari 7 warga Lobam dan 1 warga Tanjung Uban Bintan Utara.

“Ya ada tambah 8 lagi yang positif 7 diantaranya warga Tanjunguban dan 1 Tanjungpermai Lobam,”ujar Gama, Kamis (10/9/2020).

Ke 7 pasien teridir dari kasus ke 74 Tn.Mb(52) yang berdomisili di Tanjunguban Selatan Kecamatan Binut. Awalnya kata Gamma, Tn.Mb ditetapkan suspek dan tidak memiliki riwayat perjalanan, Namun mengalami gejala sakit batuk dan sesak napas. Dan setekah di ambil Swab, dan diperiksa di BTKLP Batam, hasilnya terkonfirmasi positif COVID-19 dan yang bersangkiutan saat ini diisolasi di RSUD Engku Haji Daud (EHD) Tanjunguban.

Kemudian kasus ke 75 adalah Ny.Nd (27) dari Kelurahan Tanjungpermai Kecamatan SKL. Awalnya Nd reaktif Rapid Diagnostic Test (RDT) dan tidak memiliki riwayat perjalanan maupun gejala. Namun setelah diswab hasilnya terkonfirmasi positif COVID-19 dan diisolasi di RSUD EHD Tanjunguban.

Lalu pasien kasus ke 76, Ny.Saw(31) asal Kelurahan Tanjunguban Utara, Kecamatan Binut. Dia juga suspek akibat kontak dengan pasien kasus ke 64. Dia juga memiliki gejala sakit batuk dan ansomia lalu isolasi mandiri.

Berikutnya Tn.Map (28) pasien kasu ke 77 yang berdomisili di Kelurahan Tanjunguban Utara, Kecamatan Binut. Yang bersangkutan adalah suspek karena kontak dengan pasien kasus ke 64.

“Namun dia memiliki gejala sakit tenggorokan dan hilang Indra penciuman sehingga diswab dan hasilnya positif covid-19 lalu isolasi mandiri,”sebut Gamma.

Selanjutnya, kasus ke 78, insial R(35) seorang perempuan yang berdomisili di Kelurahan Tanjunguban Kota, Kecamatan Binut. R merupakan suspek karena kontak erat dengan pasien kasus ke 66.

“Namun dia memiliki gejala sakit kepala sehingga diswab dan hasilnya positif covid-19 lalu isolasi mandiri,”katanya.

Kemudian pasien kasus ke 79 adalah E (39) yang merupakan seorang perempuan asal Kelurahan Tanjunguban Kota. Awalnya dia ditetapkan kontak erat dengan pasien kasus ke 66 sehingga diswab dan hasilnya positif covid-19 lalu isolasi mandiri.

Selanjutnya pasien kasus ke 80 yaitu S (48) seorang perempuan asal Kelurahan Tanjunguban Selatan, Kecamatan Binut. Dia dinyatakan orang yang berkontak erat dengan pasien kasus ke 64 dan 66 sehingga diswab dan hasilnya positif covid-19 lalu isolasi mandiri.

Sedangkan pasien kasus ke 81 yaitu DA (20) seorang pria asal Tanjunguban Kota, Kecamatan Binut. Awalnya dia dinyatakan orang yang berkontak erat dengan pasien kasus ke 64 sehingga diswab dan hasilnya positif covid-19 lalu isolasi mandiri.

“Dari 8 orang itu, 4 diantaranya memiliki gejala sakit sedangkan 4 orang lagi tanpa gejala,”jelasnya.

Dengan adanya tambahan 8 pasien, kini total warga di Bintan positif COVID-19 mencapai 81 kasus di Kabupaten Bintan. Dari total tersebut 37 pasien dinyatakan sembuh, meninggal 2 orang dan 42 orang lainnya masih positif covid-19.

Untuk yang positif ada yang menjalani isolasi di rumah sendiri. Kemudian juga ada yang melakukan isolasi dan dirawat di rumah sakit seperti RSAL Tanjungpinang, RSUP RAT Kepri Tanjungpinang, RSUD EHD, RSUD Bintan Kijang, dan RS Embung Fatimah Batam.

“Diharapkan warga tetap mematuhi protokol kesehatan. Jangan anggap remeh dengan virus ini melainkan tetap waspada serta berupaya memutuskan mata rantai penularan virus dengan menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,”ucapnya.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...