Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Pemprov Kepri Gabung Disperindag dan Diskop UMKM Jadi Satu Dinas

Gubernur provinsi Kepri H.Isdianto

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang-Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan menggabungkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dan Kecil Menengah (Diskop UMKM) menjadi satu dinas.

Gubernur Kepri, Isdianto, mengatakan peleburan kedua dinas tersebut menjadi satu merupakan salah satu upaya efisiensi. Mengingat, kedua dinas tersebut bidang tugas dan kerjanya saling berkaitan dan hampir mirip.

“Beda tipis saja, maka kita gabung jadi satu. Jadinya, nanti satu dinas yang terdiri dari 5 bidang,”ucapnya kepada awak media saat ditemui di kawasan Pulau Dompak, Kamis (10/9/2020).

Selain itu, untuk pejabat yang memimpin OPD gabungan tersebut, ia akan memilih salatu pejabat dari kedua kepala dinas itu. Sementara, satu pejabat lainnya akan dinonjobkan atau dijadikan salah satu kepala bidang di dinas tersebut.

“Ya kita lihat nanti pasti salah satu dicarikan solusinya. Apalagi satu OPD itu nanti ada lima bidang,” ungkap Isdianto.

Menurut Isdianto, untuk peleburan OPD tersebut Pemprov Kepri sudah mengusulkan rancangan peraturan daerah (ranperda) tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah kepada DPRD Kepri.

Bersamaan dengan ranperda itu, ada sejumlah dinas dan badan yang naik tingkat dari tipe C,B, menjadi tipe A.

“Tambahan dinas baru tidak ada, yang lain hanya naik tipe saja,” tukasnya.

Penulis : Ismail

Comments
Loading...