Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Polres Tanjungpinang Razia Penerapan Protokol Kesehatan di Tempat Keramaian

FKPD Kota Tanjungpinang foto bersama sebelum memulai operasi yustisi

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang – Polres Tanjungpinang bekerjasama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) melakukan razia penggunaan masker di sejumlah tempat keramaian di Tanjungpinang, Senin (14/9/2020).

Razia tersebut bertujuan agar masyarakat Tanjungpinang patuh menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Muhammad Iqbal, mengatakan operasi yustisi penggunaan masker ini dilakukan di seluruh Indonesia. Tujuannya, agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan senantiasa menjaga jarak, menggunakan masker dan menjaga kebersihan.

“Sebagai upaya untuk untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” ujarnya kepada awak media usai melaksanakan apel pagi di Mapolres Tanjungpinang.

Ia menuturkan, operasi yustisi ini akan menyasar ke sejumlah tempat keramaian, seperti pasar dan tempat umum lainnya. Maka, sebanyak 150 anggota dilibatkan, terdiri dari 50 personel polisi, 30 TNI, 20 Satpol PP dan 5 orang dai Poltekes.

Selain memberikan teguran, operasi ini juga turut membagi-bagikan masker serta handsanitizer.

“Sehingga saat ini masih mengedepankan sanksi lisan dan tertulis. Kedepan akan ada sanksi denda,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Teguh Ahmad Syafari, mengungkapkan kegiatan ini dilakukan sekaligus dalam rangka mensosialisasikan Perwako nomor 29 tahun 2020 tentang sanksi administrasi akibat tidak mematuhi protokol kesehatan.

“Kita hanya memberikan sanksi tertulis saja hari ini,” kata Teguh.

Namun, Teguh menegaskan ketika Perwako itu sudah diterapkan nantinya, bagi pelanggar akan diberikan sanksi administrasi sekitar Rp 50 tidak menggunakan masker, dan untuk pemilik tempat usaha Rp 150 ribu.

“Sanksi terberat hingga mencabut izin tempat usaha. Sosialisasi dilakukan selama 2 pekan kedepan,” pungkasnya.

Penulis:Roland

Comments
Loading...