Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Kab Lingga

Bawa Ganja Dari Batam, Tb Diamankan Polres Lingga di Pelabuhan

DPRD Lingga
Kasat Narkoba Polres Lingga IPTU.Raja Vindo, dan Kasubag Humas Polres Lingga Saat menggelar Ekspos Penangkapan Pemilik Ganja.

PRESMEDIA.ID,Lingga-Bawa Narkoba jenis Ganja dari Batam, seorang warga Lingga Tersangka Tb (21) diamankan Satresnarkoba Polres Lingga di pintu keluar Pelabuhan Roll On Roll Off (Roro) Jago Kabupaten Lingga.

Kapolres Lingga AKBP Boy Herlambang melalui Kasat narkoba Polres Lingga Iptu.Raja Vindo Valentino mengatakan, penangkapan terhadap Tb dilakukan atas informasi yang diperoleh dari masyarakat, yang menyebut seorang warga memiliki narkotika jenis ganja. 

“Atas informasi itu, selanjutnya dilakukan penyelidikan dengan melakukan Undercover Buy atau Pembelian terselubung melalui penyamaran. Tetapi Tb mengetahui bahwa yang membeli adalah Anggota Polri,”kata Vindo.

Selanjutnya, pada Selasa 15 September 2020, kembali diperoleh informasi, bahwa terduga pelaku sedang berada di dalam perjalanan menuju pelabuhan Roro Jagoh Singkep Barat Kabupaten Lingga dari Pelabuhan Roro Punggur kota Batam.

“Setelah mendapat informasi itu, Satresnarkoba polres Lingga menuju pelabuhan Roro Jagoh Singkep Barat untuk melakukan penyelidikan,” sebutnya.

Sekitar pukul 23.00 Wib, kapal Roro yang berangkat dari Batam tiba di pelabuhan Roro Jagoh Singkep Barat dan anghota Satnarkoba Polres Lingga melakukan pengintaian di pintu keluar pelabuhan.

“Tb saat itu keluar dari kapal Roro, dengan mengendari satu unit Vespa. saat keluar, Tb di hentikan dan dilakukan penggeledahan badan dan pakaian serta  kenderaan vespa yang dikenderainya,”ujar Raja Vibdo.

Dari penggeledahan yang dilakukan, ditemukan 1 kantong hitam dalam keadaan tergantung/terikat di spakbor belakang bagian motor vespa milik Tb.

Selanjutnya, plastik tersebut dibuka dengan di saksikan olen Tb dan 2 orang ABK kapal sebagai saksi. Saat diperiksa, ditemukan 2 paket bungkusan warna coklat yang di balut dengan isolasi warna bening.

“Saat dibuka kami menemukan daun kering yang di duga narkotika jenis ganja,”ujarnya.

Saat ditanya, Tb juga mengakui, jika daun yang diduga narkotika jenis ganja itu adalah miliknya yang didapat dari temanya inisial Jf (DPO) sewaktu berada di Batam.

Atas temuan itu, selanjutnya TB dan barang bukti didiga narkotika jenis ganja seberat 11,69 gram. Dan 6,19 gram yang disimpan didalam kantong berwarna hitam dibawa ke kantor Polres Lingga untuk proses  lebih lanjut.

“Terhadap tersangka TB telah dilakukan Pemeriksaan Urine denga hasil positif menggunakan narkotika jenis ganja,”tutur Raja Vindo.

Atas perbuatanya, TB dijerat dengan pasal 114 ayat (1) junto pasal 111 ayat 1 UU nomor 35 tahun 2009 tentang pemberantasan tindak pidana Narkoba dengan ancaman 4-12 tahun penjara.

Penulis:Aulia 

Comments
Loading...