Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

PPLP Tanjunguban Evakuasi 4 Kru Kapal Tenggelam di Perairan Berakit

ABK KM Hafi Samudra yang tenggelam di Perairan Berakit-Laut Natuna Utara, berhasil di selamatkan PPLP) Kelas II Tanjunguban.

PRESMEDIA.ID,Bintan-KM Hafi Samudra tenggelam di Perairan Berakit-Laut Natuna Utara pada Kamis (17/9/2020) siang. Kapal ikan itu tenggelam diduga karena dihantam badai hingga 4 awak kapalnya beserta nahkoda hanyut terbawa arus.

Beruntung Kapal MT Seaways Yellowstone melintasi lokasi kejadian dan 4 awak kapal berhasil diselamatkan. Mereka semua dipastikan selamat dan dalam kondisi sehat.

Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Kelas II Tanjunguban, Kapten Handry Sulfian mengatakan pihaknya mendapatkan informasi adanya kapal yang tenggelam dari Kapal Navigasi Tanjungpinang. Informasi tersebut melaporkan adanya kapal tenggelam dan kru yang hanyut.

Kemudian informasi tersebut diteruskan ke Kepala Subseksi Operasi PPLP Tanjunguban untuk menggerakkan KN Kalimasadha P. 115 ke lokasi guna melakukan proses evakuasi korban yang sebelumnya telah diselamatkan oleh Kapal MT Seaways Yellowstone.

“Pukul 14.50 WIB Komandan KN Kalimasadha P.115 langsung meneruskan informasi adanya kapal karam. Kemudian selanjutnya melakukan kontak radio dengan dengan MT Seaways Yellowstone dan langsung menuju lokasi di titik 01° 40′ 60” N / 104° 52′ 13” E,” terang Kapten Handry Sulfian melalui Kapten Deddy Surachman selaku Kasubsi Operasi, kemarin.

Tak lama kemudian, KN Kalimasadha tiba di sekitar laut titik 01° 40′ 62 N / 104° 52′ 15 E dan langsung melakukan lego jangkar dan menurunkan work boat untuk menuju MT Seaways Yellowstone.

“Pukul 18.15 WIB, kami sudah menempel di MT Seaways Yellowstone dan langsung melakukan serahterima korban hanyut dan melakukan evakuasi ke KN Kalimasadha P.115. Selanjutnya pukul 00.30 WIB
KN Kalimasada P. 115 tiba di Dermaga Pangkalan PLP Kelas II Tanjunguban,” jelasnya.

Awak kapal yang selamat yang bernama Sudarwis, Izzi Fahrizi, Kaharudin dan Muhamad Ibrahim langsung dibawa ke RSUP Engku Haji Daud (EHD) Tanjunguban untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan.

“Informasi dari nelayan ini kapal mereka adalah kapal ikan dengan nama Hafi Samudra. Kapal itu tenggelam dikarenakan badai. Kami juga sudah menghubungi pihak keluarga korban untuk melakukan penjemputan,”ucapnya.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...