Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

MTQ Provinsi Kepri ke VIII, Wamenag Tekankan Kerukunan dan Toleransi

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid dan Gubernur Kepri H.Isdianto dalam pembukaan MTQ Kepri ke VIII 2020 di Tanjungpinang.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang-Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-VIII Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2020 di Dataran Gurindam 12, Depan Gedung Daerah Tanjungpinang, Sabtu (19/09) malam.

Wakil Menteri Agama mengatakan, pelaksanaan MTQ ini, merupakan momentum untuk membangkitkan kembali kebersamaan dalam bingkai NKRI. Indonesia dengan jumlah muslim terbesar di dunia mempunyai punya warisan Islam yang sangat kaya sehingga menjadi, salah satu kiblat perkembangan Islam di dunia.

“MTQ sarat akan nilai kebesamaan dan kerukunan serta toleransi, karena MTQ tidak identik dengam Islam saja, Namun dalam pelaksnaannya banyak melibatkan banyak tokoh agama lain,” katanya.

Perhelatan MTQ menurut Zainut Tauhid jangan sampai terlewatkan untuk melahirkan bibit-bibit Qur’an yang handal. Karena telah banyak tokoh besar yang lahir dari perhelatan MTQ, kiprahnya telah mendunia dan membawa harum nama bangsa di tingkat Internasional.

Baca Juga

“Mari kita jaga sportivitas demi menjaga keberkahan Al-Qur’an karena ajang ini untuk melahirkan talenta terbaik di bidang syiar Islam,” jelasnya.

Sementara itu Gubernur Kepulauan Riau H Isdianto berharap, melalui kegiatan MTQ Kepri itu,akan dapat meningkatkan
kualitas keimanan dan ketaqwaan serta kecintaan masyarakat untuk belajar dan menghayati isi yang terkandung di dalam Al-Qur’annul karim.  

“Kegiatan ini bertujuan untuk membina sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dari aspek keimanan, ketaqwaan dan akhlakul karimah serta sebagai persiapan untuk mengikuti MTQ Tingkat Nasional ke- 28 pada bulan November 2020 di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat,” jelasnya.

Sebagai informasi, pada MTQ Nasional ke-27 Tahun 2018 di Kota Medan Provinsi Sumatera Utara yang lalu, Provinsi Kepri masuk pada peringkat 10 besar dan berada pada urutan ke-4 dari 33 provinsi seluruh Indonesia. 

“Mudah-mudahan pada pelaksanaan MTQ Nasional yang akan datang Provinsi Kepulauan Riau dapat memperoleh peningkatan prestasi yang lebih baik lagi,”harapnya.

Tidak lupa pula Isdianto juga manyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Kepri yang telah menyaksikan pembukaan MTQ secara langsung maupun secara online melalui televisi dan tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Mari kita patuhi bersama protokol kesehatan, agar kepri segera bangkit dan tentunya tidak terlepas dari usaha dan doa kita semua secara terus menerus meminta kepada Allah SWT semoga Covid-19 ini cepat berakhir di bumi Provinsi Kepri khususnya dan Indonesia pada umumnya,”ajak Isdianto.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau selaku Ketua Penyelenggara MTQ dalam laporannya menyampaikan, pelaksanaan MTQ Provinsi Kepulauan Riau akan dilaksanakan dari tanggal 19 sampai de gan 23 September 2020 mendatang, dengan pembatasan jumlah undangan dan pengunjung, serta dengan penerapan protokol kesehatan. 

Pada pelaksanaan MTQ pada tahun ini jumlah cabang yang di Musabaqahkan sebanyak 8 cabang dan terdiri dari 46 golongan yakni sebagai berikut;Cabang Tilawah Al-Qur’an, Cabang Qira’at Al-Qur’an, Cabang Hifzhil Qur’an / Menghafal Al-Qur’an, Cabang Tafsir Al-Qur’an, Cababang Khath Al-Qur’an, Cabang Syarhil Qur’an, Cabang Fahmil Qur’an dan Cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an serta tambahan cabang baru yakni cabang Qira’at Murattal Remaja dan Qira’at Murattal Dewasa.

“Mohon doa dari kita semua seluruh warga Kepri, agar pelaksanaan MTQ ini berjalan dengan baik, lancar dan aman, serta seluruh peserta dan pengunjung yang hadir sehat dan terbebas dari COVID-19 serta penyakit lainya hingga penutupan,”harapnya.

Penulis:Redaksi

Comments
Loading...