Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Ikut Honorer dan Keluarga ASN, Disnaker Tanjungpinang Ajukan 11,331 UMKM Dapat Bantuan ke Pusat 

Salah seorang UMKM penjual makanan di Tanjungpinang yang mengaku belum menerima dana bantuan kendati sudah mendaftar.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Sebanyak 11,331 orang pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Tanjungpinang diajukan menerima bantuan dampak wabah COVID-19 ke Pemerintah pusat.

Dari jumlah UMKM itu, sejumlah honor dan famili ASN di kota Tanjungpinang, juga turut duajukan mendapat bantuan Rp1,4 juta itu ke Kementerian Koperasi dan UKM pusat.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Koperasi dan Usaha Mikro Kota Tanjungpinang, Hamalis mengatakan, jumlah data yang telah didaftarkan untuk menerima dana bantuan COVID-19 UMKM Tahap I ke kementerian itu sebanyak 2.209 UMKM, sedangkan untuk tahap II sebagai 9.122 UMKM sehingga totalnya sebanyak 11.331 UMKM.

“Data ini sudah dikirimkan ke pusat. untuk Tahap I yang sudah tersedia pencairan pada Bank BRI sebanyak 1.336 UMKM,”kata Hamalis saat di konfirmasi PRESMEDIA.ID, Sabtu(19/9/2020) kemarin.

Hamalis menjelaskan dana bantuan itu sudah tersedia di Bank BRI dan akan dicairkan masing- asing UMKM yang datanya  diverifikasi pusat melalui rekening bank.

“Jadi bagi yang mendapatkan bantuan itu, pihak BRI mengirim pesan melalui pesan singkat Whatsap atau SMS kepada 1.336  UMKM  secara bertahap untuk datang melakuka pencairan. Dan secara teknis, Mereka datang ke BRI, membuat rekening barulah bisa dicairkan,”jelas Hamalis. 

Ia menyampaikan terkait berapa banyak kuota UMKM di Tanjungpinang yang akan memperoleh bantuan itu, sepenuhnya menjadi kewenangan Kementerian, berdasarkan verifikasi yang dilakukan.

“Itu kewenangan pusat, kami di daerah hanya mengirim data saja,”ucapnya. 

Hamalis menghimbau bahwa semua yang mendaftar telah disampaikan ke pusat, masalah siapa yang mendapat, apakah ada ionorer atau keluarga ASN itu adalah kewenangan pemerintah pusat. 

“Jadi diminta agar masyarakat tetap tenang tidak usah menyalahkan pihak manapun, dan kami hanya mensuplay data saja,”himbaunya.

Penulis:Roland 

Comments
Loading...