Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
DPRD Lingga
Bhayangkara 74

Kejari Lingga Limpahkan Korupsi Rp.555 juta di RSUD Lingga ke PN Tanjungpinang

Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Tanjungpinang.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang – Kejaksaan Negeri (Kejari) Lingga melimpahkan berkas perkara dugaan korupsi Rp.555 juta dana pemeliharaan dan perawatan RSUD Lingga ke Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Selasa (22/9/2020).

Kepala seksi pidana Khusus (Kasipidsus) Kejaksaan Negeri Lingga Parlaungan Tobing SH mengatakan, pelimpahan berkas perkara korupsi dana pemeliharaan RSUD Lingga tahun 2018 itu dilakukan, setelah Penyelidikan dan penyidikannya selesai dilaksanakan.

“Dalam kasus korupsi ini ada 2 orang tersangka berinisial AWS, Mantan Direktur RSUD Dabo Singkep dan SN, selaku orang yang diperintahkan direktur melakukan pekerjaan,”kata Parlaungan saat ditemui di PN Tanjungpinang.

Parlaungan menerangkan, pada tahun 2018 pemerintah kabupaten Lingga melalui APBD, mengalokasikan DIPA anggaran perawatan dan pemeliharaan RSUD Lingga dengan pagu anggaran sebesar Rp 1.020.000.000.

Dengan kegiatan itu, selanjutnya Direktur RSUD Lingga melakukan pemecahan pekerjaan tanpa tender lelang. Dalam pelaksanaanya, juga diduga fiktif dan tidak dikerjakan sebagai mana mestinya, Hingga merugikan keuangan Negara Rp.555 juta berdasarkan hasil audit BPKP.

“Untuk modus secara detail, nanti dapat di dengar di persidangan, pada saat pembacaan dakwaan. Namun pada intinya modusnya bahwa pekerjaan ini, pada dilakuka tender lelang umum tetapi dipecah-pecah oleh tersangka,”ujarnya.

Atas perbuatannya, lanjut Parlaungan, dua terdakwa dijerat dengan pasal 2 ayat 1 jo pasal 18 UU No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Dan UU nomor 20 tahun 2001 jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHPidana.

Ditempat yang sama, Humas PN Tanjungpinang Eduard P Sihaloho membenarkan dilimpahkamnya berkas perkara dugaan korupsi pengecatan dan perawatan RSUD Dabo Singkep itu.

“Baru kita terima dan saat ini masih dilakukan registrasi oleh panitera pidana Khusus,”ujarnya.

Penulis:Roland

Comments
Loading...