Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Nama Stadion Dompak Dirubah Jadi Gelora Sri Tri Buana

Stadion Pulau Dompak diberi Nama Gelora Sri Tri Buana.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang-Pemerintah Provinsi Kepri kembali merubah nama stadion Pulau Dompak dari Arung Birawa menjadi Gelanggang Olahraga (Gelora) Sri Tri Buana.

Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Kepri, Abdul Razak mangatakan perubahan nama Stadion Dompak itu menjadi Gelora Sri Tri Buana dilakukan menjelang peresmian yang disejalankan dengan hari jadi Provinsi Kepri pada Kamis 24 September 2020 nanti dipilihlah nama Gelora Sri Tri Buana.

“Ada banyak saran dan tanggapan, maka dilakukan musyawarah kembali dan pilihan terakhir namanya menjadi Gelora Sri Tri Buana,”ujarnya, Rabu (23/9/2020).

Menurut Abdul Razak, nama Sri Tri Buana masuk dalam tiga nama pilihan yang dipertimbangkan beberapa waktu lalu. Meskipun terjadi perbaikan nama, pilihannya tetap diambil dari usulan yang sudah ada.

Baca Juga

Siswa dan Guru Wajib Rapid Test

Ia menjelaskan, Sri Tri Buana merupakan nenek moyang orang Melayu. Ia juga dikenal dengan nama Sangka Purba.

Pada abad ke-12 dulu, ia turun dari Bukit Siguntang Mahameru di Palembang ke Kerajaan Bintan.

Kala itu, Kerajaan Bintan dipimpin oleh seorang Sultan perempuan, Wan Sri Beni (yang kini menjadi nama aula Kantor Gubernur Kepri,red). Ia memiliki anak perempuan bernama Putri Bintan yang kemudian dinikahkan dengan Sri Tri Buana. Setelah menikah, lalu Sri Tri Buana ini menggantikan mertuanya memimpin Kerajaan Bintan. Hingga pada abad ke-13, ia memindahkan pusat pemerintahannya ke Singapura.

“Sri Tri Buana adalah penguasa tiga benua yang berasail dari Bukit Siguntang, dan menjadi raja di Bentan dan Temasik. Kami berharap pilihan ini, tidak lagi menjadi perdebatan,” tegas Abdul Razak.

Penulis : Ismail

Comments
Loading...