Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Akibat Pandemi COVID-19, Wisata Natuna Sepi

Pulau Senoa-Natuna, salahsatu destinasi wisata Natuna yang terkenal festivalnya dan kejernian pantainya.

PRESMEDIA.ID,Natuna- Kendati merupakan daerah dengan Zona Hijau pandemi Covid-19, ternyata tidak menjamin sektor wisata Kabupaten Natuna menggeliat. Justru sebaliknya, wisatawan yang masuk ke Natuna mulai awal tahun 2020 sepi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayan Kabupaten Natuna, H.Hardinansyah mengatakan, penurunan kunjungan wisatawan itu terjadi sejak pandemi COVID-19, hingga dalam semester I 2020 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Natuna hanya 4.249 orang.

“Jumlah tersebut hanya beberapa persen saja dibandingkan dengan kunjungan wisatawan semester pertama tahun 2019 lalu yang mencapai angka 17.292,”terang Hardinansyah.

Memasuki Semester II tahun 2020 lanjutnya, wisawatan yang check in di Natuna juga masih kosong, kondisi ini berbeda jika dilihat pengunjung pada semester 2 tahun 2019 yang mencapai 13.330.

“Sangat sepi. Covid-19 cukup dahsyat goncangannya pada sektor pariwisata di Natuna. Padahal kita sudah banyak agenda yang akan dilaksanakan, berharap pengunjungan akan datang kembali. Sebaliknya tidak maksimal,” jelasnya.

Sebelumnya lanjut Hardinansyah, wisatawan yang datang ke Natuna sebagian besar dari menengah ke bawah. Untuk tahun 2019 lalu, ada 40 really yath dalam event Sail To Natuna. Sekaligus menghadiri festival Senoa.

“Rencananya sebelum wabah Covid-19 muncul, mereka dari berbagai Negara yang tergabung dalam Really yath akan menambah personil menjadi 60. Tapi tunda karena banyak pertimbangan,” imbuhnya.

Tak hanya dampa Covid, Aksesbilitas juga menjadi penyebab berkurangnya wisatawan masuk ke Natuna. Apalagi terminal dan bandara yang dilalui masuk ke Natuna ditetapkan Red Zone.

“Orang mau masuk ke Natuna, karena memikirkan Natuna Zona Hijau. Masalahnya mereka akan melewati Batam jika naik pesawat. Ancaman Covid-19 dan red zone, membuat calon pengunjungan juga berpikir untuk datang,”pungkasnya.

Penulis:Harmoko/Redaksi

Comments
Loading...