Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Mendagri Minta Camat Ikut Berperan Tangani Covid-19

Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian.

PRESMEDIA.ID,Jakarta- Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian mengimbau seluruh Camat di Indonesia, ikut berperan menangani dan menanggulangi pandemi Covid-19 di wilayahnya masing-masing.

Tito berharap, para camat, bisa ikut berkontribusi menyadarkan masyarakat untuk taat terhadap protokol kesehatan Covid-19.

Hal tersebut disampaikannya saat memberi arahan di acara webinar nasional Mendagri Menyapa Camat Tahun 2020 dengan tema “Peran Strategis Camat dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 serta Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi,”di Jakarta, Rabu (23/9/2020).

Menurut Mendagri, sangat penting para Camat mengetahui kekuatan penularan dan kelemahan dari Covid-19. Sekaligus tahu cara mematikannya. Sehingga bisa membuat pengarahan kepada warganya masing-masing.

“Pemahaman ini saya kira penting bagi kita semua karena rekan-rekan Camat adalah pengambil kebijakan dan juga pelaksana kebijakan di lapangan di kecamatannya masing-masing” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Mendagri juga sempat menyinggung soal inovasi-inovasi yang dibuat pemerintah daerah dalam mencegah penyebaran Covid-19. Ia mengaku sangat menghargai inovasi yang telah dibuat.

Tidak lupa, Mendagri juga menekankan pentingnya pemerintah daerah untuk membuat peraturan daerah yang mengatur secara khusus tentang pencegahan Covid-19.

Mendagri menambahkan, barisan terdepan dalam perang melawan pandemi Covid-19, bukan hanya tenaga kesehatan, tetapi warga sendiri.

Ia mengatakan, masyarakat itu sendiri yang mesti sadar dan berusaha menjaga agar tidak tertular dari orang lain. Dan bagi yang sudah tertular tidak menularkan kepada orang lain.

“Kalau sudah sakit baru ditangani oleh tenaga medis, jadi tenaga medis adalah bagian belakang dalam istilah perang yang depannya masyarakat,”ujarnya.

Memang, bicara soal protokol kesehatan, kata Mendagri mudah diucapkan. Tapi untuk melaksanakannya dibutuhkan kerja keras dan kerja sama semua pihak.

Sebab tak mudah membuat masyarakat Indonesia yang jumlahnya 270 juta orang itu mengikuti apa yang disarankan untuk mencegah penularan virus.

“Itu tidak gampang ini memerlukan pengetahuan dan kesungguhan daripada pemimpin termasuk para Camat. Makanya para camat harus memahami betul. Upaya-upaya atau gerakan besar inilah yang harus dikerjakan dan ini harus sampai ke garis bawah masyarakat kita, di sinilah peran Camat menjadi sangat penting,” kata Mendagri.

Penulis: Redaksi/kemendagri.go.id

Comments
Loading...