Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Ditanya Realisasi Pakaian Seragam Sekolah Gratis, Hj.Rahma Minta Masyarakat Pahami Mekanisme

Wakil Wali kota Tanjungpinang Hj.Rahma(Presmed)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Wali kota dan wakil wali kota Tanjungpinang H.Syahrul dan Hj.Rahma meminta masyarakat memahami dan mengerti mekanisme dan proses dalam pengadaan Pakaiaan seragam sekolah gratis sebagai mana janji politiknya. Hal itu dikatakan Wakil Wali kota Tanjungpinang Rahma, kepada wartawan saat dikonfrimasi, mengenai realisasi janji politiknya tentang seragam sekolah gratis siswa SD dan SMP 2019 di kota Tanjungpinang yang hingga saat ini belum terealisasi.

“Perlu juga diketahui bahwa pengadaan itu ada proses dan tahapan. Dalam tahapan itu mengapa tidak direalisasikan saat anak-anak masuk sekolah, Pemerintah juga menunggu berapa banyak siswa laki-laki dan siswa perempuan yang diterima, ukuran size dan sebagainya, dan hal ini yang ditunggu sampai pendaftaran selesai baru diadakan,”ujar Hj.Rahma pada PRESMEDIA.ID saat dikonfirmasi belum lama ini.

Proses Pengadaan itu lanjut Rahma, juga perlu diketahui, yang tidak semudah membeli sesuatu saat ketika duit sendiri langsung beli.  “Saat ini tahapanya sudah dimulai dan tinggal realisasinya saja,”ujarnya.

Disinggung sampai dimana tahapan yang sudah dilaksanakan, Hj.Rahma mengatakan, sekarang pihaknya belum mengetahui karena dari evaluasi yang dilakukan sebelumnya sudah dalam proses. “Untuk teknis sampai dimana tentu kami harus evaluasi dimasing-masing sekola, Ini juga tidak satu dua murid, mekanisme dan rambu-rambu tahapanya itu juga perlu kita pahamkan bersama,”ujarnya.

Dan untuk menjahit baju dinasnya, lanjut dia, jika sembrono nanti ditakutkan akan menimbulkan dampak lain.

Mengenai banyaknya kritik dan atas janji politik pakaian dinas, Tas, Sepatu  garis yang dilontarkan DPRD, Hj.Rahma menyatakan sangat mengapresiasi kritik dan masukan yang diberikan dalam rangka mengingatkan itu. Tetapi lanjut Rahma, tidak ada salahnya mereka juga melihat upaya yang dilakukan oleh pemerintah, dalam merealisasikan janji Politik Syahrul-Rahma. Terlebih hal itu juga sudah dituangkan dalam RPJMD dengan jelas dan disana ada pencapaian dari tahun ke tahun.

“Alhamdullilah, pemerintahan ayah Syahrul bersama saya, besok baru akan berulang tahun yang pertama kali. Artinya butuh tahapan dalam merealisasikan janji dan tidak serta merta tahun ini akan dituntaskan semuanya,”ujarnya.

Sebagai mana diketahui, Pada Pemilihan wali kota dan wakil wali kota (Pilwako) Tanjungpinang 2018 pasangan calon H.Syahrul dan Hj.Rahma mengusung program unggulan Pendidikan Gratis. Berupa bantuan perlengkapan Sekolah Garis bagi Siswa dan Siswi baru masuk SD dan SMP. Apa saja yang di Gratiskan dalam program ini, Tas Sekolah, Baju Kurung, Banju Olah Raga, Seragam Nasional Lengkap, Sepatu, Seragam Pakaiaan Pramuka, Kaos Kaki dan Seragam Batik.

Alasan program unggulan Pendidikan Gratis ini sendiri, dikatakan Syahrul dan Rahma kala itu, karena masyarakat bukan objek yang ekploitasi dari pembangunan, Masyarakat merupakan Subjek untuk dibangun agar tidak ada lagi angka putus sekolah.

Selanjutnya setelah terpilih, dan hampir 1 tahun kepemimpinan Syahrul-Rahma sebagai wali kota dan wakil wali kota Tanjungpinang, Pemerintah kota Tanjungpinang telah mengalokasikan Rp.6,7 Milliar dana APBD untuk pengadaan seragam baru siswa pada tahun ajaran 2019/20120.

Sayang-nya, hingga 3 bulan tahun ajaran dan siswa SD dan SMP mulai masuk sekolah, bantuan perlengkapan sekolah garis bagi Siswa dan Siswi baru SD dan SMP di kota Tanjungpinang itu tak kunjung terealisasi.

Atas dasar itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tanjungpinang mendesak wali kota dan wakil wali kota Tanjungpinang agar segera merealisasikan janji wali kota dan wakil wali kota tentang pakaian seragam sekolah gratis bagi siswa SD dan SMP 2019 di kota Tanjungpinang itu.

Wakil Ketua I DPRD Kota Tanjungpinang, Ade Angga mengatakan, seharusnya dengan alokasi angaran dan telah adanya peraturan Wali kota (Perwako) dan surat keputusan wali kota, Dinas pendidikan bekerja sama dengan sekolah segera dapat mengimplementasikan pengadaan baju dinas Gratis bagai siswa SD dan SMP di kota Tanjungpinang itu.

“Kami sudah sampaiakan, dan alokasi anggaranya sudah tersedia. Harusnya sudah jadi dan siswa didik baru di SD maupun SMP sudah dapat menggunakan seragam gratis baru,”ujar Ade Angga.(Presmed2)

Comments
Loading...