Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Tiga Cagub dan Cawagub Pilkada Kepri, Belum Mengundurkan Diri Dari DPR dan DPRD

Ketua KPU Kepri Sri Wati

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Tiga calon kepala Daerah, Gubernur dan wakil gubernur di Pilada Kepri, Hingga saat ini belum mengundurkan disi secara resmi dari anggota DPR dan DPRD.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau mengingatkan, agar ke tiga calon Gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Kepri 2020 itu, segera melengkapi syarat administrasi surat pemberhentian dirinya dari anggota legislatif.

Ketua KPU Kepri Sri Wati mengatakan, hingga saat ini masing-masing calon yang berstatus sebagai anggota legislatif itu, masih terdaftar sebagai anggota legislatif, karena saat mendaftar dan ditetapkan sebagai calon tetap Kepala Daerah, masing-masing calon baru melampirkan surat pernyataan pengunduran diri dari anggota DPR dan DPRD.

“Sampai saat ini surat pengunduran diri masing-masing calon belum kami terima. Karena, sampai pada penetapan dan pengundian nomor urut kemarin, Paslon calon yang berstatus anggota dewan itu baru mengajukan surat pernyataan pengunduran diri. Sedangkan SK pemberhentiannya belum,”ungkapnya, Senin (28/9/2020).

Atas dasar itu lanjut Sri, KPU memberikan tenggak waktu, pada masing-masing Calon, agar segera menyerahkan surat pengunduran diri sebagai anggota Legislatif paling lambat 30 hari sebelum pemilihan 9 Desember 2020 mendatang.

“Kami menghimbau kepada masing-masing calon, untuk melengkapi surat pemberhentianya. Karena lebih cepat surat diserahkan akan menunjukkan komitmen dari pasangan calon bahwa mereka patuh terhadap ketentuan hukum dan aturan,”pungkasnya.

Untuk kandidat dari DPR RI, lanjut Sri, SK pemberhentiannya langsung dari Presiden, sementara dua calon lainnya yang merupakan anggota DPRD, SK pemberhetianya dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Untuk diketahui, pasangan calon,  yang berstatus anggota legislatif adalah pasangan calon wakil gubernur nomor urut 1,Iman Sutiawan. Kemudian calon wakil gubernur nomor urut 2, Suryani sebagai anggota DPRD Provinsi Kepri dan Terakhir, calon gubernur nomor urut 3 Ansar Ahmad yang merupakan anggota DPR RI.

Penulis:Ismail

Comments
Loading...