Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Presiden Instruksikan Faskes Penanganan COVID-19 Terapkan Standar Kemenkes

Presiden RI Joko Widodo dalam rapat terbatas membahas laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional melalui konferensi video dari Istana Merdeka, Jakarta, Senin 28 September 2020,(Foto:presidenri.go.id)

PRESMEDIA.ID,Jakarta- Presiden Joko Widodo menginstruksikan, semua fasilitas kesehatan di Indonedsia harus menerapkan standar pengobatan dan penanganan Covid-19 dari Kementerian Kesehatan.

Hal tersebut disampaikannya dalam rapat terbatas membahas laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional melalui konferensi video dari Istana Merdeka, Jakarta, Senin (28/9/2020).

“Standar pengobatan dan perawatan bagi pasien Covid-19 baik itu di ICU maupun ruang isolasi, harus mengacu pada standar yang sama yang diberikan Kementerian Kesehatan,” ujarnya.

Presiden juga berharap, angka kesembuhan bisa lebih ditingkatkan lagi dan angka kematian pasien COVID-19 di Indoendia semakin menurun dengan adanya pemerataan standar fasilitas dan penanganan di rumah Sakit.

Apabila dibandingkan dengan data bulan lalu, rata-rata kematian akibat Covid-19 di Indonesia juga menurun dari 4,33 persen menjadi 3,77 persen. Meski perlu diakui bahwa angka tersebut masih di atas rata-rata kematian dunia yang berada pada angka 3,01 persen.

Adapun yang berkaitan dengan rencana vaksinasi massal bagi masyarakat apabila vaksin Covid-19 telah tersedia, Kepala Negara meminta jajarannya untuk merencanakan betul seawal mungkin mengenai pelaksanaannya.

“Saya minta dalam dua minggu ini sudah ada perencanaan yang detail kapan dimulai, lokasinya di mana, siapa yang melakukan, hingga siapa yang divaksin pertama. Semuanya harus terencana dengan baik sehingga saat vaksin ada itu tinggal langsung implementasi pelaksanaan di lapangan,”tandasnya.

Penulis:Redaksi/presidenri.go.id

Comments
Loading...