Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

KPU RI Gelar Uji Coba Simpaw Legislatif

KPU RI Gelar Uji Coba Simpaw Legislatif.

PRESMEDIA.ID,Jakarta- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memulai proses Uji Coba Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Penggantian Antar Waktu (Simpaw) Anggota DPR, DPD dan DPRD, Senin (28/9/2020).

Uji coba secara nasional dan virtual ini berlangsung selama tiga hari dengan membagi peserta KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota ke dalam tiga gelombang.

Pada hari pertama, 10 KPU Provinsi dan KPU kabupaten/kota di Pulau Sumatera yang berkesempatan untuk mengetahui Simpaw ini. Sementara di hari kedua dan ketiga ada 12 KPU provinsi berikut KPU kab/kotanya.

Pelaksana harian (Plh) Ketua KPU RI, Ilham Saputra yang membuka kegiatan berharap melalui Simpaw, kerja-kerja penyelenggara terkait pergantian antar waktu dapat lebih mudah dan terekam dengan baik.

Dia mengingatkan, proses PAW terkesan sederhana namun tidak boleh dianggap mudah karena berpotensi memunculkan gugatan apabila dilakukan tidak cermat.

Ilham juga mengingatkan jajarannya untuk cermat dalam melaksanakan PAW ini. Cermat dalam memperbarui data dan memastikan keamanan aplikasi berikut serta memastikan keamanan dalam pengoperasiannya.

“Lihat siapa yang berhak menggantikan, di UU sudah jelas, PKPU jelas. Kemudian apakah ada proses hukum dari orang yang menggantikan. Tentu ini harus terdata dengan baik,” kata Ilham.

Terakhir Ilham berharap peserta uji coba mengikuti kegiatan dengan baik dan menerapkan ilmu yang didapat untuk kebutuhan proses PAW di daerahnya masing-masing.

Sementara itu Anggota KPU RI, Evi Novida Ginting Manik yang hadir melalui virtual menjelaskan mulai dari dasar hukum, definisi Simpaw, hingga detail teknis aplikasi Simpaw, mulai dari pengguna (user), kebutuhan dan tujuan Simpaw, prinsip pengelolaan Simpaw.

Penulis:Redaksi/kpu.go.id

Comments
Loading...