Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Debit Air Waduk Menyusut, Isdianto Ajak Warga Berdoa Agar Kemarau Berakhir

Plt.Gubernur Kepri Isdianto saat meninjau kondisi Waduk Sei Pula yang mulai kering atas kemarau yang melanda Kepri.

PRERESMEDIA.ID,Bintan- Plt.Gubernur Kepri Isdianto mengajak warga Kepri berdoa meminta hujan, dan kemarau yang melanda Kepri segera berakhir. Hal itu dikatakan Isdianto saat meninjau langsung kondisi waduk Sungai Pulai di KM. 14 yang kondisinya menyusut Senin,(26/8/2019).

Isdianto mengatakan, masalah air akan menjadi prioritas utama pemerintah provinsi Kepri. Upaya yang akan dilakukan adalah dengan cara menggesa pemanfaatan waduk Kawal yang saat ini sudah tergenangi air namun belum bisa melayani masyarakat karena instalasi perpipaannya belum terpasang.

“Dalam kondisi seperti ini saya rasa solusinya adalah waduk Kawal. Kondisinya sekarang sudah banyak airnya. Hanya tinggal masalah instalasi pipanya saja yang perlu dipasang. Dan pemasangannya tentu akan menjadi prioritas kita untuk segera dialokasikan anggaranya di APBD,”kata Isdianto.

Kasubag Produksinya, PDAM Tirta Kepri Budianto, mengayakan kemarau yang berkepanjangan melanda Kepulauan Riau, khususnya pulau Bintan, mengakibatkan kondisi waduk Sungai Pulai mengalami penyusutan hingga 50 persen lebih dari kondisi normal.

Dalam keadaan normal, debit sungai pulau tertingginya bisa mencapai 4.73 meter. Sementara saat ini hanya tersisa 2.03 meter saja atau menyusut hingga 2.70 meter.

“Akibat debit waduk yang mengalami penyusutan cukup dalam ini, PDAM terpaksa melakukan penjadwalan pelayanan untuk para pelanggannya. Hal ini bertujuan agar kondisi waduk tetap selalu ada airnya dan bisa melayani masyarakat, meskipun tidak semaksimal ketika kondisi normal,”ujarnya.

Selain disebabkan musim kemarau, lanjut Budi, waduk Sungai Pulai menyusut juga karena harus melayani pelanggan PDAM yang selama ini sumber airnya dari embung Gesek.

Saat ini embung Gesek sendiri, juga dalam kondisi kering dan tidak bisa menyuplai air ke pelanggannya hingga harus ditopang oleh waduk sungai Pulai.

Menanggapi hal itu, Isdianto mengatakan sambil menggesa pemanfaatan waduk Kawal, dirinya mengajak warga berdoa, sehingga musim kemarau di Kepri dapat segera berakhir.(Presmed2)

Comments
Loading...