Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Bantu Ekonomi Warga, BUMDes Bintan Kerjasama Dengan Agen BNI 46

Kepala DPMD Bintan, Ronny Kartika.

PRESMEDIA.ID,Bintan-Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bintan menjajaki kerjasama dengan BNI 46 dalam membantu masyarakat menabung dan meminjam modal usaha melalui program Agen BNI 46 masuk desa.

Kepala DPMD Bintan, Ronny Kartika mengatakan Kerjsa sama Agen BNI 46 masuk desa bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan pilot project yang akan dilaksanakan di 4 Desa di 2 Kecamatan kabupaten Bintan.

“Sebagai pilot project kerjasama kita lakukan di 4 desa dulu. Yaitu Desa Air Gelubi di Kecamatan Bintan Pesisir serta 3 desa lain di Kecamatan Toapaya. Antara lain Desa Toapaya Utara, Toapaya Selatan dan Toapaya,”ujar Ronny Rabu (30/9/2020).

Kerjasama BUMDes dan BNI 46 ini lanjutnya, dilakukan untuk mewujudkan impian warga desa, bahwa di desa mereka sudah memiliki perbankan. Hingga mereka, tidak lagi perlu bersusah payah ke kota untuk menabung maupun hal lainya, melainkan akan dilayani Agen BNI 46 di desa tersebut.

Untuk menabung, kata Ronny, biasanya membuka buku tabungan perdana setiap orang harus menyetorkan maksimal Rp 250 ribu. Namun melalui Agen BNI 46 di desa memberikan keringanan bagi warga. Cukup dengan Rp 20 ribu, warga desa sudah terdaftar sebagai nasabah di BNI 46.

“Jadi warga gak bersusah payah lagi ke Kota Kijang, Uban maupun Tanjungpinang. Tapi bisa langsung ke BUMDes masing-masing desa karena disana ada Agen BNI 46,” jelasnya.

Selain itu Agen BNI 46 juga ada program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Melalui program tersebut petani, nelayan, peternak dan warga di desa-desa dapat meminjam uang untuk modal usahanya tanpa dikenakan agunan dan bunga sepersenpun atau bunga 0 persen.

Lalu pola pembayaran pinjaman itu juga tidak ditetapkan jadwalnya. Tetapi tergantung keuntungan yang diperoleh nasabah dalam mengembangkan usahanya. Baik dibayarkan ketika panen maupun dua atau tiga bulan sekali.

“Dengan verifikasi BUMDes, nelayan, petani , peternak maupun warga bisa mendapatkan pinjaman Rp 5 juta tanpa agunan dan tidak dikenakan bunga sepersenpun. Bahkan cicilan pinjaman dapat dibayarkan sesuka petani, nelayan maupun peternak. Asalkan jangan sampai lewat dari 3 tahun,” katanya.

Kerjasama dengan Agen BNI 46 ini juga menguntungkan BUMDes. Sebab setiap orang yang membuka tabungan dengan minimal Rp 20 ribu itu, BUMDes mendapatkan Rp 5 ribu.

Kemudian BUMDes mendapatkan keuntungan lagi dari setiap transaksi yang dilakukan warga desanya melalui Agen BNI 46 itu. Sekali transaski BUMDes mendapatkan Rp 2 ribu. Baik transaksi dalam menabung maupun menarik uang yang ada ditabungan.

“Selain membantu warga menabung juga membantu BUMDes. Dengan keuntungan itu BUMDes dapat berupaya mengembangkan desa-desanya serta menaejahterakan waganya melalui pembukaan usaha maupun lainnya,” ucapnya.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...