Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Lahan Saling Klaim, BPN Lakukan Pemeriksaan Setempat

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang-Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tanjungpinang melakukan pemeriksaan setempat terhadap dugaan, penyerobotan serta klaim kepemilikan lahan milik Ahmad Pardamean Sembiring di kawasan Jalan Panglima Dompak, Kelurahan Batu IX, Kecamatan Tanjungpinang Timur Kota Tanjungpinang, Rabu (30/9/2020).

Kepala Seksi Penanganan Masalah dan Pengendalian BPN Tanjungpinang, Wasrial mengatakan pihaknya turun ke lokasi atas laporan dan permohonan pemilik lahan. Atas dasar itu, pihaknya melakukan pemeriksaan setempat di lahan yang bersangkutan, atas aduan sebagaian lahan miliknya diklaim oleh seseorang.

“Tujuannya untuk meminta kepada pihak yang mengadu (Sembiring) lokasi mana yang di klaim, jadi kita turun kesini,”kata Wasrial, Rabu (30/9/2020).

Wasrial menyebutkan, lahan tersebut telah memiliki sertifikat dari BPN, sertifikat sudah terbit kalau sudah terbit sertifikat sudah diproses.

“Sertifikat Pak Sembiring sudah tidak ada masalah. Tapi, timbul permasalahan baru karena memiliki tanah di luar sertifikatnya,” ucapnya.

Ia menjelaskan dari hasil pengecekan, ada tiga titik lokasi yang ditunjukkan dan diukur. Wasrial menuturkan ada beberapa pihak yang mengklaim lahan itu.

Maka dari itu, BPN akan melakukan pemgecekan alas hak-alashak yang sudah pernah diterbitkan dan sekaligus mengumpulkan data.

“Ini kita ambil titik dengan GPS, nanti ketahuan berapa luas lahan yang diklaim, hasilnya dalam beberapa hati kedepan,”jelasnya.

Ditempat yang sama, Sembiring mengatakan dirinya telah memiliki surat tanah sejak tahun 2011 lalu. Tetapi 2015 dan 2017 timbul sertifikat baru atas nama orang lain.

“Jadi saya panggil BPN untuk menyelesaikan masalah ini. Jika tidak dapat diselesaikan baik-baik, kita akan tempuh jalur hukum,” tegasnya.

Lurah Batu IX Said Fatahullah mengatakan, pihaknya juga ikut turun kelokasi untuk mendudukan persoalan lahan yang saling klaim tersebut.

“Kita turun atas hasil pertemuan minggu kemarin. Kita masih cek surat-surat di kantor. Kita cek dasar alas hak yang masih di kelima ini,”pungkasnya.

Penulis:Roland

Comments
Loading...