Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Pjs Gubernur Ingatkan ASN, Terlibat Politik Terancam Dipecat

Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Bahtiar Baharuddin mengimbau, seluruh ASN baik di Pemprov maupun pemerintah kabupaten/kita agar tidak terlibat politik praktis mendukung salah satu paslon dalam pilkada 2020 mendatang.

Jika ada yang terbukti terlibat, Bahtiar menegaskan, tidak akan memberi keringanan dan akan diberi sanksi sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku.

“Yang kasihan nanti saudara-saudari ASN sendiri, sudah dipecat dan kehilangan pekerjaan, Calon yang didukung malah tidak naik. Ibaratnya sudah jatuh tertimpa tangga pula,”katanya usai rapat koordinasi dengan KPU Kepri, Rabu (30/9/2020).

Ia menerangkan, ASN harus mengutamakan kepentingan negara di atas segalanya, dan di atas kepentingan golongan dan kelompok tertentu. Maka dari itu, sebagai ASN lebih baik bekerja sesuai dengan tupoksinya daripada terjun atau ikut-ikutan dalam politik praktis.

“Kalau ada ditemukan di lapangan, segera lapor ke saya. Akan saya tindak tegas,”sebut Bahtiar.

Menurutnya, sampai saat ini belum menerima laporan adanya ASN Pemprov Kepri yang dilaporkan tidak netral jelang Pilkada 9 Desember 2020.

Kalaupun ada, lanjut Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri ini, ia akan menyerahkan proses penanganan pelanggaran netralitas ASN kepada Bawaslu.

“Setelah diproses Bawaslu, hasilnya baru direkomendasikan ke kepala daerah. Kalau itu ASN Pemprov Kepri, maka jadi otoritas saya dan Sekda selaku pejabat yang berwenang,” tukasnya.

Penulis : Ismail

Comments
Loading...