Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kembangkan Smart Island, Diskominfo Natuna Tambah 50 Mbps Bandwidth Internet di Sedanau

Perjuangan teknisi NSI Dinas Kominfo Natuna memanjat tower untuk memasang perangkat jarigan intenet di Natuna.

PRESMEDIA.ID,Natuna- Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Natuna, terus mengembangkan peningkatan akses jaringan infromasi telekomunikasi (Internet) untuk kebutuhan masyarakat di Natuna.

Kendati dengan dukungan fasilitas seadanya ditengah pandemi COVID-19, tim teknisi mandiri Dinas Kominfo Natuna terus melaksanakan Pilot Project Smart Island (Pulau Pintar) di Sedanau, melalui pemasangan alat pemancar data transfer atau site traffic di tower setinggi 72 meter, BTS milik Telkomsel di Sedanau.

Kepala dinas Kominfo dan Infromasi kabupaten Natuna, Raja Darmika mengatakan, dengan izin dari Telkomsel, pihaknya memasang alat tersebut untuk menambah Bandwidth (Data transfer atau site traffic) 50 mbps dari jaringan Dinas Kominfo.

Dengan penambahan Bandwidth ini, lanjut Darmika, akan memperlancar jaringan Internet di Sedanau sebagai pulau pintar di Natuna.

“Program Smart Island atau Pulau Pintar ini, Pulau Sedanau akan menjadi icon Kabupaten Natuna sebagai sasaran dalam peningkatan akses Intenet,”ujarnya.

Sedanau lanjutnya, merupakan pusat kecamatan Bunguran Barat yang merupakan pulau kecil yang terpadu dan unsur intsansinya lengkap, mulai dari Kantor Kecamatan, Koramil, Puskesmas, Polsek, Sekolah semua jenjang ada.

Saat ini masyarakat di sana masih mengandalkan jaringan seluler yang sering lemot akibat traffic penuh bahkan kalau malam hari jaringan akan lemot.

Melalui pemasangan pemancar di BTS, dinas Kominfo menjadikan pulau itu menjadi pintar dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan masyarakat.

Meski demikian, Raja Darmika juga mengakui, pelaksanaan pilot project Smart Island di Sedanau itu penuh dengan tantangan. Apa lagi keterbatasan anggaran akibat terdampak COVID-19.

“Sebelumnya, alokasi anggaran untuk proyek Smart Island atau Pulau Pintar ini sudah disediakan Rp 2,5 miliar di APBD Murni 2020, Tetapi akibat pandemi, terpaksa dilakukan refocusing membuat alokasi dananya menurun,”ujar Raja Darmika.

Penambahan Bandwidth di Sedanau, menggunakan perangkat cadangan. Uji coba sendiri, akan dilaksanakan pada hari ini Sabtu (2/10/2020).

“Insyallah berjalan dengan baik. Dengan jarak 38 kilometer, menurut survey akan tembus karna di Sedanau kita manfaatkan tower Telkomsel yang memiliki tinggi 72 meter. Kita sudah punya ijin dari Telkomsel untuk meletakkan alatnya,”imbuhnya.

Sebelumnya lanjut Raja, program yang sama juga sudah terealisasi di Natuna seperti Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Tengah dan sasaran baru di Sedanau.

“Jika selama ini Sedanau miliki wifi publik dengan penggunaan yang terbatas. melalui jaringan Kominfo ini, masyarakat akan lebih maksimal lagi dalam jaringan untuk kebutuhan internetan dan sebagainya,”papar Raja.

Dikatakan juga oleh Raja, sebagian OPD di Natuna sudah menyambung sinyal internet dari dinas Kominfo, terutama areal perkantoran Bupati Bukit Arai, Perpustakaan dan dibeberapa dinas di sekitar NGU.

“Dinas kominfo sebagai penyedia akses internet di Pemkab Natuna, Berlanggakan akses internet dari Moratelindo sebesar 300Mbps. Kapasitas ini dipakai hampir semua OPD,”ujarnya.

Penulis:Harmoko/Redaksi

Comments
Loading...