Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Sebanyak 150 TKA PT.BAI Dari Cina Kembali Tiba di Tanjungpinang

Sebanyak 150 TKA PT.BAI Dari Cina Tiba di Bandara RHF Tanjungpinang.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Sebanyak 150 Tenaga Kerja Asing (TKA) PT.Bintan Alumina Indonesia (BAI) dari Tiongkok China, kembali tiba di Bandara Raja Haji Fisabililah (RHF) Tanjungpinang sekitar pukul 14.00 WIB, Jumat (2/10/2020).

Kedatangan ratusan TKA Cina itu, menggunakan pesawat carter Asing, yang langsung terbang dari luar negeri ke Bandara Raja haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjungpinang Agus Jamaluddin mengatakan, ke 150 TKA Cina yang tiba di Bandara RHF Tanjungpinang itu merupakan Tenaga Kerja yang akan dipekerjakan di PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang, Kabupaten Bintan.

Sebelum menuju PT.BAI-Binta, Pihak Kesehtan akan melakukan pemeriksaan dengan penerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Seluruh TKA lanjut Agus, akan dilakukan pemeriksaan Rapid Test meskipun sudah membawa hasil Polymerase Chain Reaction (PCR) dengan hasil negatif. Selain itu, juga dilakukan pengecekan suhu, denyut nadi, tanda gejala yang mengarah ke Covid-19 dan mengisi IHAC.

“Hal itu dilakukan untuk memastikan, setiap orang yang datang dari luar negeri tetap terjaga dan bebas dari COVID-19,”ucapnya.

Seteleh pemeriksaan di Bandara, ke 150 TKA Cina itu akan langsung diangkut ke PT.BAI, untuk dikarantina selama 14 hari. Karantina TKA tersebut, juga akan diawasi petugas kesehatan Dinkes Bintan dan Tim Kesehatan PT.BAI.

Agus juga mengatakan, dari yang datang sebelumnya dan ditambah yang tiba saat ini, total jumlah TKA Tiongkok yang masuk ke Tanjungpinang sudah mencapai 500 orang.

Ditempat yang sama, Kepala Seksi Pelayanan Pabean dan Cukai Kantor Bea Cukai Tanjungpinang Nabung Agung C mengatakan, pihaknya akan melakukan pengawasan barang bawaan TKA tersebut.

Agung menyebutkan pemeriksaan seperti biasa dilakukan setelah dari KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan), kemudian ke Bea Cukai, dengan memeriksa seluruh barang bawaan di X-ray.

“Baik barang bawaan tentengan dan bagasi,”semua diperiksa.

Hal itu lanjut Agung, dilakukan untuk memastikan, sejumlah TKA Cina itu tidak membawa barang terlarang serta barang yang belum memenuhi kewajiban perpajakan ataupun kewajiban kepabeanan.

Penulis:Roland

Comments
Loading...