Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Bhayangkara 74

Bakar Hutan Dan Lahan, Polres Bintan Amankan 8 Tersangka Karhutla

Bakar Hutan Dan Lahan, Polres Bintan Amankan 8 Tersangka Karhutla
Bakar Hutan Dan Lahan, Polres Bintan Amankan 8 Tersangka Karhutla

PRESMEDIA.ID,Bintan- Polres Bintan dan jajaran Polsek, mengamankan 8 tersangka pembakar hutan dan lahan (Karhutla). Ke 8 tersangka tersebut diproses karena membakar hutan disejumlah tempat di daerah kabupaten Bintan.

Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang mengatakan, dari kejadian Kebakaran Hutan dan lahan di Bintan, pihaknya mengamankan 8 orang dari benerapa titik lokasi pembakaran yang dilakukan.

Dari 8 tersangka, 2 orang merupakan penangkapan yang dilakukan Satreskrim Polres Bintan, 2 orang penangkapan Polsek Bintan Timur (Bintim), 1 orang penangkapan dari Polsek Gunung Kijang dan 3 orang tersangka dari penangkapan Polsek Bintan Timur (Binut)

Ke 8 orang tersangka itu adalah M alias Mat dan I dengan TKP kampung beringin. Kemudian tersangja P, R, K, S dan H yang diamankan dibeberapa lokasi yang berbeda karena melakukan pembakaran hutan.

“Penangkapan dan penyidikan dilakukan di beberapa Polsek serta Polres Bintan. Dari 8 tersangka, 2 berkas diantaranya
BAP nya sudah P21 atau Lengkap dinyatakan Kejaksaan dan tinggal melimpahkan tersangka dan barang bukti,”kata Boy.

Atas perbuatanya, 8 orang tersangka Karhutla itu dijerat dengan pasal 108 junto pasal 69 ayat 1 huruf (h) undang – undang RI nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

“Ancaman hukumanya 12 tahun penjara, dan denda paling sedikit Rp 3 Milyar dan paling banyak Rp 10 milyar,”tegasnya.

Atas penangkapan dan proses tersangka Karhutla ini, Polres Bintan juga menghimbau kepada masyarakat, agar jangan merusak, membakar hutan dan lahan, karena akan berakibat pada masyarakat dan lingkungan sekitarnya.(Presmed7).

Comments
Loading...