Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Share Video Paslon Kampanye, Ad-Hoc PPK di KPU Bintan Dilaporkan Langgar Etik

Bawaslu Bintan Dumoranto Situmorang
Bawaslu Bintan, Dumoranto Situmorang

PRESMEDIA.ID,Bintan- Share cupikan video warga pendukung salah satu pasangan calon (Paslon) gubernur, Ed-hoc KPU Bintan ditetapkan pelanggar kode etik.

Komisioner Bawaslu Bintan Kordiv Pengawas dan Hubungan Antar Lembaga, Dumoranto Situmorang mengatakanm, pelanggaran kode etik yang dilakukan badan Ad Hoc KPU Bintan itu ditemukan oleh Panwascam Bintan Timur.

“Selanjutnya, temuan itu dilanjutkan ke Bawaslu Bintan. Dan kita dari Bawaslu menyurati KPU Bintan,”ujarnya.

Panwascam Bintim lanjut Dumo, awalnya menemukan pelangagran salah satu Ad Hoc KPU di sosial media. Yang bersangkutann mengeshare cuplikan video warga yang mendukung salah satu pasangan calon (Paslon) di Pilkada Bintan.

“Ad Hoc itu bertugas di Kecamatan Bintim.Sepertinya bukan ketuanya melainkan anggotanya,”jelasnya.

Saat ini, bukti pelanggaran itu sudah dipenuhi oleh Panwascam Bintim, Berupa screenshot akun sosial media milik bersangkutan yang mengeshare video tersebut.

Penanganan terkait pelanggaran Ad Hoc ini lanjutnya, pelanggaran etik ed-hoc KPU itu, sebenarnya bukan kewenangan Bawaslu Bintan melainkan ranahnya KPU Bintan.

Hal itu sesuai dengan Keputusan KPU RI Nomor 337/HK.06.2-Kpt/02/KPU/VII/2020 tentang Pedoman Teknis Penanganan Pelanggaran Kode Etik, Kode Perilaku, Sumpah/Janji/dan/atau Pakta Integritas Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan, Panitia Pemungutan Suara dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara.

“Bedasarkan adanya aduan dari Panwascam itu, selanjutnya kami tindak lanjuti dengan menyerahkanya ke KPU Bintan. Rencananya mereka (KPU-red) akan memproses kasus tersebut secepatnya,”katanya.

Sementara itu, Komisioner KPU Bintan Divisi SDM dan Parmas, Syamsul, mengakui sudah menerima surat dari Bawaslu Bintan. Surat Nomor 001 yang berisikan pelanggaran kode etik salah satu Ad Hoc KPU itu segera ditindaklanjuti.

“Kita sudah undang yang bersangkutan datang ke kantor untuk dimintai keterangan,”ucapnya.

Mengenai sanksi, KPU menyatakan maisih dibahwas dan dilakukan Pleno etik di internasl KPU Bintan.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...