Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

KPU Sebut Ad Hock Pelanggar Etik Pemilu di Bintan Tanpa Unsur Kesengajaan

Ilutrasi Pelaksanaan Pemilu (Photo:Internet)

PRESMEDIA.ID,Bintan-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bintan mengatakan telah memanggil dan memeriksa anggota Ad Jok Pemilu, di PPS Kelurahan Kijang Kota, yang dilaporkan Bawaslu melanggar Kode Etik Pemilu.

Komisioner KPU Bintan Divisi SDM dan Parmas Syamsul mengatakan, dari pemeriksaan yang dilakukan, anggota PPS itu mengaku, memposting dan mengeshare cuplikan video warga, mendukung salah satu paslon Pilkada Bintan itu, tanpa sengaja.

“Yang Bersangkutan sudah datang dan kami periksa. Dia mengakui meng-uploadnya. Namun hal itu dilakukan oleh bersangkutan tanpa adanya unsur kesengajaan,”ujar Syamsul, Senin (5/10/2020).

Sebelumnya, Ad Hoc KPU Bintan yang merupakan anggota PpS Kelurahan Kijang Kota-Bintan itu, dinyatakan Bawaslu melanggar kode etik, karena mengeshare cuplikan video warga mendukung salah satu paslon Pilkada Bintan.

Dalam pemanggilan pertama ini lanjut Syamsul, baru menghadirkan anggota PPS Kijang Kota selaku terlapor. Semua keterangan terlapor sudah dipenuhi.

Langkah selanjutnya pihaknya akan memanggil terlapor dan pelapornya. Disini akan disinkronkan antara keterangan terlapor dan pelapor serta barang buktinya.

“Setelah pemanggilan kedua ini kita akan ke tahap selanjutnya yaitu menggelar rapat pleno. Disitu kita akan tau keputusannya seperti apa nantinya,” katanya.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...