Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Ribuan TKA China di PT.BAI Ternyata Bukan Tenaga Ahli

Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kepri Mangara M Simarmata.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang-Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kepulauan Riau mengatakan ratusan TKA asal Cina di PT.Bintan Alumina Indonesia (BAI) Galang Batang Bintan bukan merupakan Tenaga Ahli tetapi sebagian adalah buruh konstruksi pembangunan mesin.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Mangara M Simarmata mengatakan dari total jumlah TKA China yang datang dan bekerja di perusahan Alumina itu, sebagian besar pekerja konstruksi bangunan.

“Bukan (seluruhnya tenaga ahli) tapi ada juga pekerja konstruksi untuk membangun mesin di perusahaan,” ujarnya, Rabu (7/10/2020).

Ia menyebutkan, dari hasil pantuan tim yang diturunkan, para TKA yang bekerja di PT BAI itu bekerja untuk mempercepat proses pembangunan sarana dan konstruksi serta mesin produksi di perusahaan.

“Tujuan didatangkan, agar ada percepatan progres pengerjaan konstruksi bangunan dan mesin, Hingga pada Januari 2021 nanti, pabrik mesin (Perusahaan) itu mulai bergerak dan bisa berproduksi. Itu yang mereka sampaikan ke kami,” jelasnya.

Selain itu, Mangara menambahkan, kedatangan para TKA China yang bekerja di KEK Galang Batang Bintan jugavmerupakan kewenangan pemerintah pusat, dan berkoordinasi dengan Pemprov Kepri.

Dan sampai saat ini, pihak juga mengaku, belum mengetahui apakah pihak perusahaan masih akan mendatangkan TKA lagi di bulan depan.

“Kalau mau ada yang datang lagi, biasanya perusahaan melaporkan. Tapi sampai saat ini kami belum dapat informasi kedatangan itu,”ujarnya.

Sementara itu, Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Provinsi Kepri, Bahtiar Baharuddin, mengatakan kedatangan para Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China ke Provinsi Kepri merupakan koordinasi lintas kementerian.

Menurutnya, segala sesuatu yang berkaitan dengan Asing, merupakan kewenangan pemerintah pusat dalam hal ini kementerian terkait.

“Saya sudah dapat laporan dari Pak Sekda dan tim dan itu memang koordinasi lintas kementerian,” ujarnya belum lama ini.

Sebelumnya, sebanyak 150 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Cina kembali tiba di di Bandara Raja Haji Fisabililah (RHF) Tanjungpinang, Jumat (2/10/2020) kemarin.

Dengan kedatangan ratusan TKA asal China kloter 3 ini, akan menambah jumlah TKA yang dipekerjakan di PT BAI.

Sebelumnya, sebanyak 321 TKA China kloter pertama dan 500 orang sebelumnya, juga tiba di Kepri pada (8/8/2020) lalu melalui Bandara RHP Tanjungpinang.

Dengan penambahan kedatagan TKA ini, hingga saat ini total jumlah TKA China yang bekerja di PT.BAI hampir mencapai 1.225 orang.

Penulis:Ismail 

Comments
Loading...