Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Unjuk Rasa Berkahir Ricuh, Polisi Tembaki Mahasiswa Dengan Gas Air Mata

Demo Tolak UU Cipta Kerja berakhir Rusuh, Polisi mengamankan satu orang Mahasiswa di Lobi Kantor DPRD Kepri.

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Unjuk rasa mahasiswa dan buruh menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di DPRD Kepri berakhir ricuh sekitar pukul 14.30 WIB, Kamis (8/10/2020).

Ratusan mahasiswa yang melakukan aksi demo, ditembaki Polisi dengan gas air mata. Sementara mahasiswa lainya, dikejar dan bahkan ada yang diceburi ke kolam ikan Lobi kantor DPRD Kepri.

Dari pantauan wartawan, kericuhan berawal ketika mahasiswa yang ingin bertemu dengan ketua DPRD Kepri untuk menyampaikan aspirasi. Namun pada saat itu, bukan ketua DPRD Kepri yang hadir, melainkan wakil ketua II DPRD Kepri.

Tidak terima dengan kehadiran wakil ketua II DPRD Kepri iti, mahasiswa akhirnya protes dan ingin memaksa masuk ke dalam ruangan DPRD.

Melihat kondisi itu, anggota kepolisian yang berjaga di pintu masuk lobi kantor DPRD melakukan penghalauan hingga akhirnya terjadilah kerusuhan dan anggota Dalmas Sabara yang berjaga menembakan gas Air mata. 

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Muhammad Iqbal mengatakan, pembubaran aksi demo mahasiswa dan buruh itu, terpaksa dilakukan dengan alasan keamanan dan kesehatan.

Awalnya kata Iqbal, pihaknya telah melakukan langkah-langkah pendekatan untuk menampung keinginan aksi mahasiswa masuk ke depan lobi kantor DPRD Kepri untuk berdiskusi dengan pimpinan DPRD Kepri. 

“Bahkan kami juga sudah berkali-kali memberi himbauan Protokol Kesehatan dalam Pencegahan Covid-19 serta Maklumat Kapolri, Tetapi mahasiswa tidak mau mengindahkan,”ujarnya.

Dengan dasar pertimbangan keamanan dan kesehatan lanjutnya, Pihaknya sepakat untuk membubarkan aksi masa.

Iqbal menyampaikan, dirinya tidak mau terjadi klaster Covid-19 baru dari unjuk rasa yang dilakukan mahasiswa dan Buruh, hingga yang paling diutamakan adalah kesehatan masyarakat. 

“Apa lagi tadi mahasiswa itu ada sekitar 300 orang, kita sangat khawatir sekali,”pungkasnya.

Penulis:Roland 

Comments
Loading...