Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Pjs Gubernur Kepri Galakan Aksi Desa Lawan Covid-19 di Kepri

Pjs gubernur Kepri Bahtiar saat memberikan arahan pada acara Silahturrahmi Pjs Gubernur Kepri dengan Perangkat Desa dalam Pemantapan Penanganan Covid-19 di Desa.

PRESMEDIA.ID,Batam- Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Baharuddin meminta seluruh perangkat desa, Lurah dan Tim Penggerak PKK (TP-PKK) meningkatkan usaha penangulangan dan penanganan COVID-19 di Kepri.

Seluruh Kepala Desa dan Lurah di Kepri, juga diingatkan agar tidak terjebak dengan zona resiko dalam bentuk pembagian warna (zona merah, kuning,hijau).

Hal itu disampaikan Bahtiar saat memberikan arahan pada acara Acara Silahturrahmi Pjs Gubernur Kepri dengan Perangkat Desa dan Pemantapan Penanganan Covid-19 di Desa Melalui Gerakan Sejuta Masker melalui teleconfrence, di Batam Kamis (8/9/2020).

“Saya harus mengingatkan bapak dan ibu Kepala Desa, Lurah serta para ketua TP-PKK untuk waspada dan sadar, bahwa Covid-19 itu ada di mana-mana. Jangan pernah terjebak dengan zona warna seperti daerah A zona hijau, B zona Kuning dan C zona merah,  hingga membuat kita lengah dalam memerangi Covid-19 ini,”tegas Bahtiar.

Kendati begitu, Bahtiar mengaku, sangat mengapresiasi usaha dinas PMD dan Dukcapil Kepri, dalam menggerakan seluruh Kepala Desa dan beserta perangkat desa agar begerak melawan Covid-19 dengan melakukan berbagai program kegiatan yang sejalan dengan pemerintah pusat.

Program aksi desa melawan Covid-19 ini lanjutnya, Harus terus digalakan, melalui pendekatan pada tokoh agama dan tokoh masyarakat serta pembentukan tim relawan covid-19 di 275 desa yang ada di Kepri.

Desa lanjut Bahtiar, memang menjadi andalan pemerintah pusat dan daerah dalam melawan Covid-19. Melalui anggaran desa yang bisa digunakan untuk membeli masker atau handsanitizer dan upaya lainya, program melawan Covid-19 di desa hendaknya dapat terus digalakan.

“Perjuangan melawan Covid-19 ini, harus terus kita bangkitkan. jangan lengah, apa lagi menganggap Covid-19 sudah tidak ada,”tegasnya.

Ingat, kata Bahtiar, Test swab secara keseluruhan, hingga saat ini baru satu 1 persen yang dapat dilakukan. Sedang standar minimal WHO harus lima persen.

“Ini artinya, potensi paparan virus masih tinggi, Maka dari itu, saya sangat mendukung usaha dinas PMD yang telah menjalankan banyak aksi desa dalam melawan Covid-19 ini. Kepada Kepala Desa dan juga lurah, saya tegaskan untuk terus dilanjutkan dan ditingkatkan,”kata Bahtiar.

Semenrara itu Kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kepri Sardison melalui vicon dari Kantor PMD Kepri di Dompak melaporkan, Hingga saat ini telah membentuk tim relawan Covid-19 desa dalam upaya melawan Covid-19 dari tingkat desa.

Menurut Sardison, aksi tim desa lawan Covid-19 yang telah dilakukan diantaranya, dengan membentuk pos tim relawan di 209 desa dari 275 desa yang ada di Kepri.

“Selain itu juga dilakukan sosialisasi Covid-19 di seluruh desa, pendirian tempat isolasi, pendirian tempat cuci tangan, penyemprotan disinfektan di 257 desa, pendataan pemudik pendatang, pendataan masyarakat rentan sakit, pengadaan masker serta beberapa kegiatan lainnya,”ujar Sardison.

Dinas PMD Kepri lanjutnya, juga sudah menyurati seluruh Bupati di Kepri untuk melakukan penanggulangan Covid-19 di daerah mereka.

Demikian juga kantor Dukcapil Kabupaten/kota di Kepri, juga diminta untuk melakukan pendamping desa dan Bumdes, dengan membentuk relawan dalam kegiatan penanganan Covid-19.

“Kita harus satu suara, satu tekad mulai dari pusat hingga ke desa dalam melawan Covid-19 ini. Kalau persepsi kita dalam memerangi Covid-19 ini sudah sama, Saya yakin penyebaran Covid-19 bisa kita tekan dan kendalikan,”ujar Sardison optimis.

Hadir mendampingi Pjs Gubernur dalam aacara otu, Kepala Dinas Kesehatan Kepri Mohammad Bisri, Kepala Dinas Perhubungan Kepri Junaidi, Plt Kepala Biro Humas Protokol Penghubung Kepri Zulkufli, Kepala Biro Umum Kepri Martin Maramon, juru bicara Satgas Covid-19 Kepri Tjetjep Yudiana, serta kepala Desa se Kepri, Kepala Dinas PMD se Kepri dan berbagai pihak terkait lainnya.

Penulis:Redaksi 

Comments
Loading...