Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Dua Nelayan Bintan Ditahan APM Malaysia, Pjs Bupati Bintan Surati BNPP-RI

Kabag Perbatasan Setdakab Bintan, Hasan menunjukkan posisi nelayan saat diamankan APM Malaysia kepada Pjs Bupati Bintan Buralimar.

PRESMEDIA.ID,Bintan- Pjs Bupati Bintan, Buralimar melayangkan surat kepada Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) RI terkait penahanan 2 Nelayan Bintan oleh Aparat Penguatkuasaan Maritim (APM) Malaysia.

Kepada BNNP-RI Buralimar berharap, dapat membantu 2 nelayan Bintan itu melalui koordinasi dengan KBRI Malaysia untuk membebaskan dan memulangan ke dua nelayan tersebut.

“Kita semua inginkan agar segala urusan kedua nelayan itu bisa cepat diselesaikan dan mereka bisa segera kembali ke tanah air berkumpul bersama keluarganya,”katanya Kamis (8/10/2020).

Dari data yang diperoleh, dua nelayan Bintan yang ditahan APM Malaysia itu adalah (42) dan Abdul Gani (15). Keduanya ditangkap APM Malaysia saat berada di Perairan Perbatasan Indonesia-Malaysia atau tepatnya di 14,2 mil laut di Perairan Timur Tanjung Siang Malaysia sejak 18 September 2020 lalu.

Baca Juga

Dua nelayan Bintan itu merupakan warga jalan Paitam Sayarif, RT 003/ RW 002, Kampung Mantang Riau, Desa Mantang Lama, Kecamatan Mantang Bintan.

Keduanya ditangkap Aparat Penguatkuasaan Maritim Malaysia saat kapal yang ditumpangi mengalami kerusakan hingga menyebabkan kapal mereka terhanyut dan memasuki batas wilayah negeri jiran tersebut.

“Mereka terhanyut dan sampai sekarang masih ditahan. Kecuali mereka membawa barang ilegal atau tidak melanggar keimigrasian secara sengaja. Kita berusaha terus berkoordinasi, harapan kita bisa secepatnya mereka pulang,” jelas Buralimar.

Smentara itu, Kabag Perbatasan Setdakab Bintan, Hasan mengaku, informasi terakhir yang berhasil dihimpunnya, konsulat KJRI di Johor Malaysia telah menyewa advokat untuk mendampingi kedua nelayan tersebut selama mengikuti proses hukum.

Selain itu lanjut Hasan, upaya komunikasi terhadap keduanya juga terus dilakukan walaupun secara tidak langsung.

“Kita juga terus update perkembangan kasusnya di sana,”ucapnya.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...