Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

40 Dokter Terinfeksi COVID-19 di Kepri, Dua Meninggal Dunia, Total Kasus 2.462 Orang

Tim Medis Gugus Tugas COVID-19 Kepri saat melakukan Uji Rapid Test di Gedung Daerah Tanjungpinang.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Riau mencatat sebanyak 40 dokter di Kepri terinfeksi COVID-19 sepanjang Maret-September 2020. Dari jumlah tersebut dua diantaranya meninggal dunia.

Kepala Dinkes Kepri, Mohammad Bisri, mengatakan berdasarkan laporan Ikatan Dokter Indonesian (IDI) Kepri ke-40 dokter tersebut, 31 diantaranya berada di Kota Batam dan sisanya di Tanjungpinang dan Karimun.

“Rata-rata sudah sembuh, tapi ada juga beberapa yang masih menjalani karantina mandiri di rumah,”ungkapnya, Jumat (9/10/2020).

Selain itu, lanjut Bisri, selama pandemi COVID-19 ini, ada juga sejumlah perawat dan petugas umum di rumah sakit yang ikut terinfeksi virus COVID-19.

“Untuk jumlahnya masih saya kumpulkan datanya dari organisasi profesinya,”ujarnya.

Ia menjelaskan, para dokter dan tenaga kesehatan yang terinfeksi itu tidak semuanya akibat menjalani tugas ketika merawat pasien COVID-19.

Namun, banyak juga yang tertular dari pasien atau warga yang terkonfirmasi, tapi tidak memiliki gejala. Seperti, kasus petugas pendaftaran rumah sakit yang terinfeksi akibat melayani warga yang datang berobat.

“Setelah dilayani, rupanya yang datang itu terinfeksi COVID-19 tapi tidak bergejala,” jelasnya.

Oleh karena itu, Bisri mengimbau kepada dokter khususnya nakes di rumah sakit agar lebih disiplin lagi dalam menggunakan alat pelindung diri (APD) ketika melaksanakan tugas.

Maka, Dinkes pun menjamin APD yang diperuntukkan bagi dokter dan nakes di Provinsi Kepri saat ini jumlahnya sangat mencukupi.

“Minimal jika tidak menggunakan baju hazmat perawat dan petugas di bagian umum rumah sakit itu bisa lebih disiplin lagi dalam menerapkan protokol kesehatan. Seperti menjaga jarak, menggunakan masker yang benar dan memakai faceshield serta sarung tangan,”imbau Bisri.

Jumlah COVID-19 Kepri 2.462 Kasus

Untuk diketahui, berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Provinsi Kepri, per 9 Oktober 2020 secara kumulatif total pasien terkonfirmasi positif sebanyak 2.462 pasien.

Dari jumlah tersebut, 1.878 orang dinyatakan sembuh, sementara 60 orang meninggal dunia. Sisanya, sebanyak 207 orang masih menjalani perawatan di RS atau karantina mandiri.

Rinciannya, Kota Batam yang terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 1.890 orang, sembuh 1.673, meninggal dunia 48 orang, dan yang masih aktif sebanyak 169 kasus.

Kota Tanjungpinang yang terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 329 orang, sembuh 303, meninggal dunia 7 orang, dan tersisa kasus yang masih aktif sebanyak 19 kasus.

Kabupaten Bintan yang terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 191 orang, sembuh 178, meninggal dunia 3 orang, dan tersisa kasus yang masih aktif sebanyak 10 kasus.

Kabupaten Karimun yang terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 49 orang, sembuh 39, meninggal dunia 1 orang, dan tersisa kasus yang masih aktif sebanyak 9 kasus.

Kabupaten Lingga yang terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 3 orang, sembuh 2 dan meninggal dunia 1 orang. Sementara, Kabupaten Natuna dan Anambas nihil kasus.

Penulis:Ismail

Comments
Loading...