Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Bahtiar Buat Anjuran Setiap Pegawai Tanam Satu Pohon Buah di Dompak

Pjs Gubernur Kepri Bahtiar saat melakukan penanaman Pohon Buah di pusat pemerintahan Kepri Dompak-Tanjungpinang.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepri Bahtiar mengeluarkan anjuran penanaman pohon buah oleh seluruh kepala OPD dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di pusat pemerintahan Provinsi Kepri Istana kota Piring Dompak-Tanjungpinang.

Kebijakan penanaman pohon buah pada seluruh OPD dan ASN Kepri itu dikatakan Bahtiar setelah melihat kawasan pusat pemerintahan Kepri di Dompak gersang dan minim penghijauan.

“Saya bersama pak Sekda dan teman-teman OPD akan membuat anjuran penanaman pohon buah-buahan satu pegawai satu pohon di lingkungan Perkantoran Provinsi Kepulauan Riau,”ujar Bahtiar saat memulai penanaman pohon buah di halaman kantor Gubernur Dompak, Tanjungpinang, Ahad (11/10/2020).

Bibit Pohon lanjutnya, akan disiapkan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan provinsi Kepri. Dengan kebijakan tersebut, Bahtiar berharap Pohon yang ditanam masing-masing pegawai Provinsi Kepri itu, akan memberi manfaat dimasa yang akan datang.

Penanaman pohon-pohon buah ini, juga disejalankan dengan aktivitas jalan dan bersepeda Santai perintah provinsi Kepri dari Gedung Daerah menuju Dompak, serta jalan Santai dari Tugu Provinsi di Dompak.

Selanjutnya Pjs Gubernur dan Sekda Kepri TS Arif Fadillah, bersama sejumlah OPD di Kepri melakukan penanaman pohon buah. Satu kepala OPD dan ASN diwajibkan menanam masing-masing satu pohon buah. Demikian pula Ketua TP PKK Kepri Sofa Marwah Bahtiar dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kepri Rismarini Arif.

Bahtiar mengharapkan, kegiatan sederhana dan murah yang dilaksanakan itu dapat dilakukan secara terus menerus, Apalagi, ada ribuan pegawai di Provinsi Kepri, sehingga akan banyak pohon buah yang bisa ditanam dan beberapa tahun ke depan akan ada hasil yang didapatkan.

Dalam kesempatan itu, Bahtiar juga mengatakan, berkaca dari pandemi COVID-19 saat ini, peningkatan sektor pertanian dan perikanan perlu digalakan dalam program ketahanan pangan Nasional.

Aktivitas penanam pohon buah dan pangan itu lanjutnya hendaknya dapat diikuti masyarakat Kepri dengan memanfaatkan lingkungan pekarangan rumah.

“Seluruh masyarakat harus kita ajak untuk menanam pohon, karena pohon dan manusia adalah satu kesatuan dalam kehidupan, apalagi sekarang kita menghadap musim pancaroba,”sebutnya.

Disamping Pjs Gubernur menyadari, penyebaran virus COVID-19 yang hingga kini belum dapat ditemukan obatnya, sangat berdampak pada keterpurukan ekonomi masyarakat yang mengakibatakan daya beli terus menurun.

“Karena itu, kita harus mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangannya menanam tanaman. Hal ini sangat bermanfaat sebagai program dan pennyangga program ketahanan pangan Nasional,” kata Bahtiar.

Terakhir Bahtiar menambahkan, kegitan olahraga bersama yang dilakukan juga bermanfaat untuk menjaga imun tubuh dan mengajak Kepala OPD dan ASN di Kepri untuk menanaman pohon di kota Tanjungpinang.

Penulis:Redaksi 

Comments
Loading...