Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Singgung Keterpurukan Ekonomi, Ansar-Marlin Sampaikan Visi Kepri Makmur, Berdaya Saing dan Berbudaya

Pasangan Calon Ansar Ahmad-Marlin Agustina saat menyampaiakan Visi dan miisnya di DPRD Kepri.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Singgung keterpurukan ekonomi di Triwulan ke II paling terparah dalam sejarah Provinsi Kepri, Pasangan calon Gubernur dan wakil gubernur Ansar Ahmad-Marlin Agustina menawarkan Visi Terwujudnya Kepulauan Riau yang Makmur, Berdaya Saing dan Berbudaya Makmur’.

Pasangan Calon gubernur dengan nomor urut 3 ini, menyatakan pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepulauan Riau pada triwulan II (TW-II) 2020 merupakan yang terburuk sepanjang sejarah 18 tahun berdirinya provinsi Kepri. Betapa tidak, berdasarkan data BPS Kepri, pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepulauan Riau TW-II 2020 mengalami kontraksi minus 6,66 persen.

Kondisi ini lanjutnya, sedikit lebih buruk dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional yang -5,32 persen. Disisi lain jumlah penduduk miskin per Maret 2020 mencapai 131.966 atau 5,92 persen, bertambah sebanyak 4.208 orang dibandingkan data September 2019 sebesar 127.758 orang atau 5,80 persen.

“Kemiskinan ini berpotensi bertambah seiring dengan banyaknya masyarakat yang kehilangan pekerjaan akibat PHK sebagai ekses dari pandemi COVID-19,”ungkap Ansar memulai penyampaian visi dan misi sebagai Cagub/Cawagub di Kantor DPRD Kepri, Senin (12/10/2020).

Padahal, lanjut Ansar, pada zaman kesultanan Riau Lingga, Kepulauan Riau menjadi pusat pemerintahan, pusat pengetahuan, perdagangan dan pusat peradaban Melayu. Kemudian pada awal kemerdekaan hingga tahun 1960-an Kepulauan Riau adalah daerah yang makmur, masa itu dikenang dengan “zaman dolar”.

Dua masa tersebut, adalah bukti sejarah yang menunjukkan bahwa, Kepulauan Riau pernah maju dengan kehidupan masyarakat yang makmur.

“Tentunya semua masyarakat Provinsi Kepulauan Riau ingin merasakan kembali masa keemasan itu untuk dikehidupan mendatang,”ujarnya.

Oleh karena itu, Kata mantan Anggota DPR RI dapil Kepri ini, jika dirinya (Ansar Ahmad-Marlin Agustina) terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri 2020-2024, akan membawa kemakmuran pada masyarakat Kepri.

Dengan visi ‘Terwujudnya Kepulauan Riau yang Makmur, Berdaya Saing dan Berbudaya Makmur’, Ansar menyatakan, akan menciptakan kehidupan masyarakat Kepulauan Riau yang layak sehat dan sejahtera.

Hal itu akan dilaksanakan melalui misi menciptakan masyarakat Kepri yang berdaya Saing, birokrasi pemerintahan dan dunia usaha yang mampu bersaing dan unggul di tingkat regional dan internasional.

Disektor Budaya, Ansar juga menyatakan, akan mewujudkan dengan penyelenggaraan pemerintahan kegiatan pembangunan dan aktivitas masyarakat Kepulauan Riau yang berpegang pada nilai-nilai agama, budaya Melayu dan budaya Nusantara,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Ansar, untuk mewujudkan visi tersebut, pihaknya juga telah menyusun 5 misi utama yaitu, percepatan peningkatan pertumbuhan ekonomi berbasis maritim dan keunggulan wilayah untuk peningkatan kemakmuran masyarakat. Mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang berkualitas, sehat dan berdaya saing dengan berbasiskan iman dan taqwa.

Melaksanakan tata kelola pemerintahan yang bersih, terbuka, berorientasi pelayanan dan berwawasan lingkungan. Lalu, mengembangkan dan melestarikan budaya Melayu dan budaya nasional dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.

“Dan, mempercepat pemerataan pembangunan infrastruktur antar pulau guna pengintegrasian dan percepatan pembangunan kawasan pesisir,” imbuh politisi Golkar ini.

Penulis:Ismail

Comments
Loading...