Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Bawaslu Copot 909 APK Paslon di Bintan

Angota Satpol-PP bersama Bawaslu Bintan, saat menertibkan APK Paslon yang menyalahi aturan di Bintan.

PRESMEDIA.ID,Bintan- Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Bintan, mencopot dan menertibkan 909 Alat Peraga Kampanye (APK) Calon Kepala Daerah Bupati dan Gubernur yang dipasangan sembarangan dan melanggar ketentuan di kabupaten Bintan.

Sejumlah spanduk dan Baliho itu, dipasang di pinggiran jalanan, Pohon, fasilitas Umum, serta sejumlah tempat lain yang dilarang disejumlah kawasan di Kabupaten Bintan.

Komisioner Bawaslu Bintan Kordinator Devisi Pengawas dan Hubungan Antar Lembaga Dumoranto Situmorang mengatakan, memasuki hari ke 15 masa kampanye di Bintan, Bawaslu bersama Satpol PP serta Polres Bintan melakukan penertiban APK yang dipasang di sejumlah tempat yang dilarang.

“Dari penertiban yang kami lakukan pada Sabtu (10/10/2020) ada sebnyak 909 APK spanduk dan baliho dicopot karena dipasang tidak sesuai dengan aturan,”ujar Dumo, Senin (12/10/2020).

Penertiban ini lanjutnya, dilakukan terhadap APK yang melanggar aturan serta pemasanganya tidak sesuai dengan zona yang telah ditetapkan oleh KPU Bintan.

“Selain APK yang menyalahi tempat, kami juga menertibkan APK yang ukuranya melebihi batas maksimal yang ditentukan dan tidak sesuai dengan titik lokasi yang sudah ditetapkan KPU Bintan,”ujarnya.

Selain itu, juga ditemukan APK paslon yang difasilitasi Pemerintah Daerah dipasangan berdekatan dengan fasilitas umum seperti lampu lalu lintas, tempat ibadah, fasilitas kesehatan dan gedung milik pemerintah dan lembaga pendidikan.

“Radious jarak pemasangan yang dibenarkan minimal 15 meter dari fasilitas yang dilarang dan APK tidak boleh berhadapan dengan fasilitas,”ujarnya.

Selain APK Calon Bupati, Bawaslu Bintan kata Dumora juga menertibkan APK 3 Calon Gubernur dan wakil Gubernur Kepri menyalahi ketentuan di 10 kecamatan di Bintan.

Total jumlah APK calon Gubernur dan wakil gubernur yang ditertibkan itu terdiri dari APK milik calon Guburnur dan Wakil Gubernur Kepri nomor urut 1 sebnyak 8 baliho dan 90 spanduk. Calon Gubernur dan wakil gubernur Nomor urut 2, 4 baliho dan 200 spanduk serta Calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 3 ada 2 baliho dan 198 spanduk.

Sedangkan untuk Palson Bupati Bintan dan Wakil Bupati Bintan ada 4 baliho dan 251 spanduk untuk nomor urut 1 dan nomor urut 2 didapati 4 baliho dan 95 spanduk. Selain itu, juga ditemukan 77 spanduk milik Yudi Iskandar dan spanduk imbauan protokol kesehatan bergambar petahana.

“Sebelum penertiban APK, kita telah mengirimkan surat imbauan kepada masing-masing penghubung paslon atau LO agar menertibkan sendiri APK tersebut. Makanya tidak banyak lagi APK yang kami tertibkan,”ucapnya.

Bawaslu Bintan juga mengimbau agar tim kampanye maupun relawan dapat mengikuti aturan dan regulasi yang sepakati pada tahapan kampanye. HIngga Pemilihan serentak 2020 di Kabupaten Bintan dapat berjalan dengan kondusif, damai dan sehat.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...