Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
KPU Karimun

Jaksa Warning “Buaya Darat” Terlibat Perkara Cabul Akan Dituntut 10 Tahun ke Atas

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejaksaan Negeri Tanjungbalai Karimun Herdian Malda Ksastria.

PRESMEDIA.ID, Karimun- Kejaksaan Negeri Tanjungbalai Karimun memberi “Warning” atau peringatan terhadap pelaku tindak pidana pencabulan anak dibawah umur. Bahkan jika ada perkara terdakwa pencabulan pada anak dibawah umur masuk ke Kejaksaan, pihaknya akan menuntut 10 tahun ke atas.

Hal itu ditegaskan oleh Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Karimun, Herdian Malda Ksastria saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (13/10/2020).

“Kalau untuk kasus yang melibatkan anak, kita tuntut paling sedikit 10 tahun kurungan penjara. Hal itu kita lakukan untuk memberikan pengajaran dan efek jera kepada para pelaku, dengan segala pertimbangan yang kira lakukan,”tegas Malda.

Malda juga menyebutkan, hingga saat ini, jumlah kasus pencabulan terhadap anak dibawah umur di Tanjungbalai Karimun cukup banyak. Bahkan hingga Oktober 2020, Kejaksaan Karimun sudah menuntut 9 berkas perkara pencabulan anak dibawah umur dari Polres Karimun. Sebanyak 6 kasus diantaranya sudah ingkrah.

“Rata-rata pelakunya ini orang terdekat, ada yang ayah tiri dan ada yang merupakan tetangga sekitar. Jadi kalau tututan paling rendah 10 tahun itu diharapkan bisa menjadi efek jera, dan mereka enggan melakukan perbuatan yang tidak senonoh,”kata Malda lagi.

Malda juga mengimbau kepada seluruh orang tua untuk lebih waspada dan lebih ekstra dalam mengawasi anak, karena mengingat pelaku kriminal terhadap anak merupakan orang-orang tedekat.

Penulis:Puteri/Redaksi

Comments
Loading...