Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Ekonomi Kepri Minus 6,6 Persen, Pjs Gubernur Siapkan Akses Masuk Wisman Luar

Pjs Gubernur Kepri Bahtiar saat mengikuti Webinar Road To Indonesia Investment Day 2020.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Pemerintah Provinsi Kepri menyatakan siap menyambut kedatangan wisawatan manca negara dari luar, yang akan datang dan berkunjung ke Kepri dengan protokol kesehatan yang ketat.

Demikian juga investasi dibidang sektor industeri, pariwisata dan investasi lainya.

Hal itu dikatakan Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepri Bahtiar saat mengikuti Webinar Road To Indonesia Investment Day 2020 yang diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura bekerjasama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI dan Bank Indonesia dari Gedung Daerah, Tanjungpinang, Selasa (13/10/2020).

Bahtiar mengatakan, kondisi perekonomian Kepulauan Riau saat ini menurut laporan Bank Indonesia jatuh hingga minus 6,6 Persen. Kondisi ini sangat tidak baik bagi masyarakat dalam jangka panjang, maka harus ada upaya-upaya extra ordinary dalam mengelola ekonomi di tempat ini supaya bisa berdampak pada hal lain di luar dari sektor ekonomi.

Oleh karena itu, sebagai Pjs. Gubernur Kepulauan Riau Bahtiar mengatakan, telah memerintahkan pada seluruh Bupati/ Walikota di Kepri, khususnya pada daerah lokasi investasi global, Agar tidak menerapkan pembatasan-pembatasan seperti PSBB karena memiliki sentiment negatif pada kegiatan ekonomi.

“Kita lebih baik melakukan pendisiplinan penerapan protokol kesehatan yang ketat ketimbang menggunakan kata-kata PSBB. Kami bersama kepala Daerah dan pemangku kepentingan di Kepri akan melakukan segala upaya untuk mengerakan kembali ekonomi lokal hingga berkontribusi pada ekonomi Nasional,”jelasnya.

Berdasarkan informasi yang dibaca baik dari media online maupun harian Nasional Bahtiar mengatakan, ada informasi dalam waktu dekat ini dari Kementerian Luar Negeri akan dibukanya akses masuk wisatawan luar ke Indoensia, Tujuan masuknya, salah satunya adalah melalui Kepulauan Riau.

Atas dasar itu, Pemerintah provinsi Kepri dikatakan Bahtiar telah siap menyambut kedatangan Wisatawan luar ke Kepri, dengan menerapkan standar protokol kesehatan level Internasioanl itu.

Sampai sat ini, lanjutnya persiapan penerapan standar protokol kesehatan level Internasioanl itu terus dilakukan di Pelabuhan Batam Centre, Pelabuhan Harbour Bay, Pelabuhan Nongsa serta Pelabuhan BBT Lagoi.

“Hari ini kami akan trun untuk melakukan asistensi secara langsung di pintu masuk tersebut. Kita pastikan orang yang bolak-balik dari Batam ke Singapura atau daerah lainnya kan tetap bebas dari penyebaran covid-19,”ungkap.

Dirjen Polpum Kemendagri ini berharap, dengan dibukanya kembali akses masuk antar wilayah wisatawan luar negeri itu, akan membantu mendongkrak kembali perekeonomian Kepri yang saat ini terus turun dan bahakan sudah menyentuh level minus 6,6 persen, akibat berhentinya kegiatan ekonomi di tengah pandemic Covid-19.

“Kita tentunya berharap ekonomi ini akan membaik kedepannya. Kita tidak berharap pertumbuhan yang terlalu optimis namun jangan sampai juga minus terlalu dalam. Cukup pertumbuhan 0,2 persen saja sudah sangat baik,”ungkapnya.

Penulis:Redaksi 

Comments
Loading...