Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Meninggal Dengan Status Reaktif, Warga Natuna Dimakamkan Dengan Protokoler COVID

Seroang warga Natuna yang sebelumnya menderita sakit dan dinyatakan Reaktif, dimakamkan dengan Protokoler COVID.

PRESMEDIA.ID,Natuna- Meninggal dunia dengan status reaktif, Seorang warga Kabupaten Natuna diamakamkan dengan protokoler kesehtan di Kawasan Pering Kecamatan Bunguran Timur Jumat (16/10/2020).

Pasien yang menderita Pheunomia menahiun ini sebelumnya ditetapkan reaktif Covid-19 berdasarkan uji Rapid Tes dan merupakan satu dari dari 6 pasien reaktif covid-19 Natuna yang uji swab PCR-nya masih ditunggu dari BTLKP Batam.

Juru Bicara Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah membenarkan pasien Z yang sebelumnya dinyatakan reaktif tersebut, dimakamkan dengan protokol kesehatan.
“Iya betul, Pasien ini masuk perawatan setelah reatif pada hari Rabu kemarin, 2 hari diisolasi Pasien meninggal dan sudah dimakamkan,”jelas Hikmat.

Terkait kepastian penyebab kematian Z apakah Covid-19 atau dampak lain, Hikmat mengaku belum bisa menyampaikan, karena masih menunggu uji Swab PCR dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kota Batam.

Baca Juga

“Paling cepat hasil Swab ini keluarnya lusa (Minggu, 18 Oktober 2020). Mengingat hasil Swab ini baru hari ini kita kirim melalui pesawat Wings,”ujar Hikmat.

Kepada wartawan, Hikmat juga mengatakan, jika sebelumnya almarhum Z tidak memiliki riwayat dari luar kota, atau kontak langsung dengan pasien Covid-19.

“Hanya saja pasien Z menderita sakit Pheunomia batuk berdahak atau bernanah dan demam disertai sesak napas,”ujarnya.

Pihak Rumah sakit dan gugus Tugas lanjutnya, juga sudah berkoordinasi dengan keluarga korban, dalam penerapan Protokoler kesehtan saat pemakaman.

“Pihak keluarga juga sudah menerimanya. Keterangan keluarga jika pasien tidak ada riwayat keluar daerah selama ini tapi memang sudah lama sakit pheunomia,”imbuh Hikmat.

Penulis:Momo/Redaksi

Comments
Loading...