Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Pandemi Covid -19, Sebelum Mencoblos, Warga Pemilih Akan Diuji Suhu Tubuh di TPS

Komisioner KPU Tanjungpinang, M Hafisz Dwi Prayoga.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Jamin kemanan dan keselamatan pemilih saat menyalurkan hak suara di TPS, KPU menyediakan bilik khusus bagi Pemilih yang memiliki demam dengan suhu tubuh 37,3 derajat ke atas pada Pilkada Gubernur 9 Desember 2020 mendatang.

Komisioner KPU Tanjungpinang, M Hafisz Dwi Prayoga mengatakan Pilkada tahun ini sangat berbeda karena berlangsung ditengah Pandemi Covid-19, dan penerapan Protokol Kesehatan perlu ditingkatkan.

Oleh karena itu lanjutnya, KPU kota Tanjungpinang akan memberlakukan uji pemeriksaan suhu tubuh pada setiap pemilih yang akan menyalurkan hak pilihnya ke TPS.

“Jadi selain harus menggunakan Masker, dan melaksanakan protokoler kesehatan, setiap pemilih yang akan menyalurkan hak pilihnya ke TPS, Suhu badannya akan di Tes sebelum menyalurkan hak suara,”ujarnya.

Baca Juga

KPU lanjutnya, juga menyediakan masker, sarung tangan dan tempat pencuci tangan diseluruh TPS.

“Kita jamin keselamatan masyarakat, jadi masyarakat jangan takut datang ke TPS,” kata Yoga, Sabtu(17/10/2020).

Selain itu, Yoga menyampaikan petugas juga akan menyediakan bilik khusus bagi pemilih yang suhu tubunya mencapai 37,3 ke atas. Petugas akan melakukan penyemprotan disinfektan secara berskala di TPS.

“Ini upaya kita agar TPS aman dan seteril,”ucapnya.

Menurutnya selain itu Pilkada tahun ini sangat berbeda, KPU tidak menyediakan tinta celub sebagai bukti telah mencoblos, tetapi menggunakan tinta tetes.

“Bagi petugas kita dilapangan nanti akan di rapid test dan kami petugas KPU akan dilakukan Swab,”pungkasnya.

Penulis:Roland

Comments
Loading...